PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA TIGA DIMENSI TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 52 SELUMA

Rolita,, Sindi (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA TIGA DIMENSI TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 52 SELUMA. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
SINDI ROLITA.pdf

Download (9MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ada dua yaitu; 1) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan media tiga dimensi terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPA kelas V, 2) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan media tiga dimensi terhadap keaktifan siswa pada mata pelajaran IPA kelas V. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan metode Quasi Eksperimental serta menggunakan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan Observasi, Tes, Angket, dan Dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis, apabila dikonsultasikan dengan nilai ttabel dengan df 38 dengan taraf signifikan 5% maka diperoleh nilai 2,021. Dengan demikian dapat diketahui thitung < ttabel (thitung = -1,06 < ttabel = 2,021) yang berarti Ho dalam penelitian ini ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media tiga dimensi terhadap keaktifan pada mata pelajaran IPA Kelas V SD Negeri 52 Seluma. 2) Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis, apabila dikonsultasikan dengan nilai ttabel dengan df 38 dengan taraf signifikan 5% maka diperoleh nilai 2,021. Dengan demikian dapat diketahui thitung < ttabel (thitung = -7,21 < ttabel = 2,021) yang berarti Ho dalam penelitian ini ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media tiga dimensi terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPA Kelas V SD Negeri 52 Seluma.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Media Tiga Dimensi, Hasil Belajar, Keaktifan Siswa, IPA Kelas V
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: yuli astria ria
Date Deposited: 31 May 2022 01:20
Last Modified: 31 May 2022 01:20
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/8470

Actions (login required)

View Item View Item