PENGARUH STRATEGI GURU MENGGUNAKAN SISTEM LKPD TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MAPEL BAHASA INDONESIA SISWA MI PLUS JA-ALHAQ KOTA BENGKULU DI MASA PANDEMI COVID-19

Ramadhanti,, Syahri (2021) PENGARUH STRATEGI GURU MENGGUNAKAN SISTEM LKPD TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MAPEL BAHASA INDONESIA SISWA MI PLUS JA-ALHAQ KOTA BENGKULU DI MASA PANDEMI COVID-19. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
SYAHRI RAMADHANTI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Strategi adalah suatu seni menggunakan kecakapan dan narasumber daya suatu seseorang untuk mencapai sasarannya melalui hubungan yang efektif dengan lingkungan dalam kondisi yang paling menguntungkan. Adapun tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui adakah pengaruh strategi guru menggunakan sistem LKPD terhadap hasil belajar pada mapel bahasa indonesia siswa MI PLUS JAAlhaq Kota Bengkulu Di masa Pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif yaitu metode penelitian yang digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel 30 orang responden dengan menggunakan rumus produk moment. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana. Penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, dilanjutkan dengan pengujian hipotesis. Berdasarkan hasil analisis regresi linier sederhana, adapun hasil penelitian ini adalah Berdasarkan hasil analisis strategi guru menggunakan sistem LKPD di MI PLUS Jâ-alHaq Kota Bengkulu, termasuk dalam kategori sedang yaitu mencapai persenase 67% artinya strategi guru menggunakan sistem LKPD pada mata pelajaran Bahasa Indonesia masih perlu ditingkatkan agar dapat mencapai hasil yang maksimal. Hasil analisis tingkat hasil belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di MI PLUS Jâ-alHaq Kota Bengkulu, termasuk dalam kategori sedang dengan persentase 70%. Artinya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasan Indonesia masih banyak yang harus ditingkatkan. Hasil analisis koefisien korelasi pearson product moment diperoleh Rhitung (0,789)>Rtabel (0,396) pada taraf signifikan α = 0,05, artinya ada hubungan antara strategi guru menggunakan LKPD dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di MI PLUS Jâ-alHaq Kota Bengkulu di masa Pandemi Covid-19. Hasil analisis koefisien determinasi besarnya kontribusi Strategi guru menggunakan sistem LKPD terhadap hasil belajar siswa di masa Pandemi Covid-19 sebesar 62% selebihnya 38% dipengaruhi oleh faktor lain diluar kajian penelitian ini.Hubungan Strategi guru menggunakan sistem LKPD terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa di MI PLUS Jâ-alHaq Kota Bengkulu kearah positif dengan persamaan regresi

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi, LKPD, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: yuli astria ria
Date Deposited: 31 May 2022 01:21
Last Modified: 31 May 2022 01:21
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/8493

Actions (login required)

View Item View Item