PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STRUCTURAL TYPE MAKE A MATCH TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR FIQIH KELAS IV MI NURUL HUDA BLUMAI 1

Mardiati,, Tria (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STRUCTURAL TYPE MAKE A MATCH TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR FIQIH KELAS IV MI NURUL HUDA BLUMAI 1. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
TRIA MARDIATI.pdf

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Fiqih Kelas IV MI Nurul Huda Blumai 1. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto.Penelitian ini dilakukan di MI Nurul Huda Blumai 1. Adapun teknik pengumpulan data yakni angket respon siswa terhadap pembelajaran fiqih menggunakan Model Make A Macth terhadap minat belajar dan hasil belajar dari nilai harian fiqih siswa kelas IV pada materi Sholat Dhuha. Dan hasil uji reliabilitas menggunakan rumus Alfa Cronbach pada Model Make A Macth dengan koefisien sebesar 0,85. Hasil analisa mengenai hasil variabel Model Make A Match (X) terhadap minat belajar (Y1), didapatkan persamaan regresi linear sederhana Y = 9,62 + 0,76X, nilai b (koeefisien regresi) sebesar 0,76 menunjukkan adanya hubungan yang positif variabel X terhadap Y1 dengan perubahan nilai variabel Y sebesar 0,76. Berdasarkan analisa diatas dapat diambil kesimpulan bahwa pada hipotesisi 1, sebesar 8, 686 > sebesar 1,699, artinya hipotesis antara variabel X dan Variabel Y1 yaitu Ha1 diterima dan Ho1 ditolak. Didapatkan persamaan regresi linear sederhana Y = -41,8 + 2,62X, nilai b (koeefisien regresi) sebesar 2,62 menunjukkan adanya hubungan yang positif variabel X terhadap Y2 dengan perubahan nilai variabel Y sebesar 2,62 setiap satu kali perubahan variabel X. Dan hipotesis 2 sebesar 2,956 > sebesar 1,699 artinya hipotesis antara variabel X terhadap variabel Y2 yaitu Ha2 diterima dan Ho2 ditolak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Make A macth, Minat Belajar, Hasil Belajar Fiqih.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: yuli astria ria
Date Deposited: 31 May 2022 02:11
Last Modified: 31 May 2022 02:11
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/8496

Actions (login required)

View Item View Item