PENGARUH PEMBELAJARAN STRATEGI QUANTUM QUOTIENT TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 138 SELUMA

Setiawan,, Yoga bela (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN STRATEGI QUANTUM QUOTIENT TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 138 SELUMA. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
YOGA BELA SETIAWAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari proses belajar mengajar IPS guru masih menggunakan strategi konvensional dalam menyampaikan materi. Sedangkan IPS memerlukan strategi yang tepat supaya dapat memperoleh hasil yang maksimal dan berpengaruh pada prestasi belajar peserta didik. Di sini guru harus dapat menggunakan metode dan cara belajar yang menarik supaya minat belajar IPS siswa itu tinggi. Salah satu usaha guru untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik yaitu dengan strategi quantum quotient. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah terdapat pengaruh pembelajaran strategi quantum quotient terhadap hasil belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri 138 Seluma. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui pengaruh pembelajaran strategi quantum quotient terhadap hasil belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri 138 Seluma. Jenis penelitian dalam penelitin ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode quasi eksperimen atau eksperimen semu. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran strategi quantum quotient terhadap hasil belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri 138 Seluma. Diperoleh nilai thitung 2,521 lebih besar dari t tabel 2,04 hal ini berarti thitung > ttabel, maka Ha yang menyatakan terdapat pengaruh pembelajaran strategi quantum quotient terhadap hasil belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri 138 Seluma.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi Quantum Quotient, Hasil Belajar dan IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: yuli astria ria
Date Deposited: 31 May 2022 04:39
Last Modified: 31 May 2022 04:39
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/8509

Actions (login required)

View Item View Item