PENGARUH PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN (DARING) TERHADAP KINERJA GURU SD NEGERI 66 KOTA BENGKULU

Oktavia,, Yolanda (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN (DARING) TERHADAP KINERJA GURU SD NEGERI 66 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
YOLANDA OKTAVIA.pdf

Download (11MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dalam jaringan (daring) terhadap kinerja guru SD Negeri 66 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian ex post facto karena variabel-variabel bebasnya tidak dikendalikan, dalam arti variabel tersebut sudah terjadi. Penelitian ex post facto bertujuan untuk mengungkap kemungkinan adanya korelasi/hubungan dua variabel atau lebih , sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru yang mengajar di kelas yang berjumlah 17 orang guru. Dikarenakan jumlah populasi dalam penelitian ini kurang dari 100, maka sampel penelitian diambil 100% dari jumlah populasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket atau kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik dengan uji chi kuadrat, uji F, dan uji r product moment. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran daring terhadap kinerja guru SD Negeri 66 Kota Bengkulu. Hal ini dilihat dari hasil analisis uji hipotesis, bahwa hasil rxy sebesar 0,619. Kemudian dilanjutkan dengan melihat rtabel nilai koefisien “r” product moment dari 17 dengan taraf signifikan 5% adalah 0,482. Angka tersebut menunjukkan bahwa rxy lebih besar dari rtabel, yaitu 0,619 ≥ 0,482 yang artinya Hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima yaitu terdapat pengaruh pembelajaran daring terhadap kinerja guru SD Negeri 66 Kota Bengkulu, sedangkan hipotesis nihil (Ho) ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa meningkat atau menurunnya kinerja guru dipengaruhi oleh pembelajaran daring di SD Negeri 66 Kota Bengkulu

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Daring, Kinerja Guru
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: yuli astria ria
Date Deposited: 31 May 2022 04:39
Last Modified: 31 May 2022 04:39
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/8511

Actions (login required)

View Item View Item