UPAYA BALAI REHABILITASI SOSIAL PENYANDANG DISABILITAS MENTAL DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PENYANDANG DISABILITAS MENTAL (Studi Kasus BRSPDM Dharma Guna Bengkulu)

Aprilianti, Nuraini (2022) UPAYA BALAI REHABILITASI SOSIAL PENYANDANG DISABILITAS MENTAL DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PENYANDANG DISABILITAS MENTAL (Studi Kasus BRSPDM Dharma Guna Bengkulu). Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
NURANI APRILIANTI..pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui upaya BRSPDM Dharma Guna Bengkulu dalam menanamkan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam pada Penyandang Disabilitas Mental di. Kedua untuk mengetahui faktor penghambat BRSPDM Dharma Guna Bengkulu dalam menanamkan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam pada Penyandang Disabilitas Mental. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah pembina mental spiritual dan pembina rukiah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan penyajian dan pembahasan data penelitian maka dapat disimpulkan bahwa pertama, Upaya Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Mental (BRSPDM) Dharma Guna Bengkulu dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan agama Islam dilakukan dalam berbagai kegiatan yang terjadwal dan dipraktikkan mengandung nilai-nilai pendidikan agama Islam, misalnya mendengarkan ceramah yang diberikan ustadz, rutinitas shalat berjamaah, mengaji, hafalan suratsurat pendek, berbuat kebaikan, sopan santun, mengahafal rukun iman, dan belajar bersuci. Hal ini dilakukan melalui beberapa metode diantaranya: metode ceramah, kisah, pembiasaan, keteladanan, targhib dan tarhib. Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam yang ditanamkan pada penyandang disabilitas mental di (BRSPDM) Dharma Guna Bengkulu meliputi: nilai akidah, nilai Ibadah dan nilai akhlak. Kedua faktor penghambat yaitu mood pasien yang cenderung berubahubah dan kurangnya kesadaran dari beberapa pasien tentang pentingnya ilmu keagamaan bagi kehidupan mereka ke depannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penanaman, Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam, Penyandang disabilitas mental
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.IP Furqon Adli
Date Deposited: 31 May 2022 07:45
Last Modified: 31 May 2022 07:45
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/8519

Actions (login required)

View Item View Item