IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SLB NEGERI BUKIT BARISAN KARABELA KOTA BENGKULU

Yani`, Putri Prima (2022) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SLB NEGERI BUKIT BARISAN KARABELA KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
PUTRI PRIMA YANI.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kurikulum dalam sistem pendidikan saat ini yaitu kurikulum 2013. Kurikulum 2013 merupakan rangkaian penyempurnaan Kurikulum tahun 2004 yang berbasis Kompetensi dan Kurikulum 2006 (KTSP). Sekolah Luar Biasa menggunakan kurikulum 2013 dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk anak tunadaksa pada masa pandemi covid-19 di Sekolah Luar Biasa Negeri 01 Kota Bengkulu.Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian dengan jenis penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian mendalam mencakup keseluruhan yang terjadi dilapangan dengan tujuan untuk mempelajari secara mendalam tentang latar belakang keadaan sekarang.Temuan dalam penelitian ini, Kerikulum 2013 di SLB Negeri 1 Kota Bengkulu pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terbagi menjadi 3 sub bagian yaitu pertama guru memiliki RPP dan Silabus dengan membedah KI, KD, KKM, Prota, promes, silabus dan program evaluasi pada awal semester. Kedua, guru memiliki RPI sebagai pedoman yang menyesuaikan siswa pada masa pandemi covid19. Ketiga, guru memiliki kompetensi berupa kemampuan khusus selain dari kemampuan dasar dan kemampuan umum dalam mengajarkan siswa di sekolah luar biasa (SLB). Pembelajaran pendidikan agama Islam di SLB pada masa pandemi covid-19 terbagi menjadi 3 sub bagian. Pertama, guru memiliki modul khusus dengan menyesuaikan kemampuan dan keterbatasan yang ada pada siswa. Kedua, pembelajaran mengikuti protokol kesehatan yaitu setiap rumah mematuhi protokol kesehatan yang ditetapan oleh pemerintah. Ketiga, media pembelajaran yang digunakan berupa televisi, VCD, Laptop, komputer, jaringan internet dan kaset yang dapat menunjang pembelajaran. Keempat, memanfaatkan aplikasi whatsapp dan youtube

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum 2013, Pendidikan Agama Islam, Covid-19.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.IP Furqon Adli
Date Deposited: 07 Jun 2022 08:17
Last Modified: 07 Jun 2022 08:17
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/8553

Actions (login required)

View Item View Item