ANALISIS METODE TILAWATI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR‟AN DI RUMAH QUR‟AN DAARUL „ILMI KOTA BENGKULU

Hidayatullah, Rahmat (2022) ANALISIS METODE TILAWATI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR‟AN DI RUMAH QUR‟AN DAARUL „ILMI KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
RAHMAT HIDAYATULLAH.pdf

Download (4MB)

Abstract

Metode tilawati adalah suatu metode atau cara belajar membaca AlQur‟an dengan ciri khas menggunakan beberapa lagu, namun pada umumnya lagu yang digunakan adalah lagu rost dan menggunakan pendekataan yang seimbang antara pembiasaan melalui klasikal dan kebenaran membaca melauli individual dengan tekhnik baca simak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis metode tilawati dalam proses pembelajaran guna meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an di Rumah Qur‟an Daarul „Ilmi Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriftip kualitatif dengan subjek penelitian yaitu anak dan guru jilid 5 & 6 di Rumah Qur‟an Daarul „Ilmi. Teknik pengumpulan data dalam peneliti ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa metode tilawati dalam meningkatkan kemampuan membaca, sedangkan dalam teoru proses pembelajaran metode tilawati jilid 1 sampai 6 membutuhkan waktu 18 bulan, dengan ketentuan 5 kali tatap muka dalam seminggu dengan waktu 75 menit setiap pertemuaanya. Ada beberapa proses pembelajaran metode tilawati yang belum diterapkan seutuhnya di Rumah Qur‟an Daarul „Ilmi, sehingga untuk mencapai target pembelajaran metode tilawati membutuhkan waktu yang cukup lama, diantaranya: Tidak menerapkan klasikal disetiap pertemuan, membutuhkan waktu yang lama, dan prasarana yang belum memadai. Hal tersebut disebabkan karena waktu yang tidak mencukupi dan kurangnya pemasukan dana untuk memfasilitasi selama proses pembelajaran berlangsung. Saran untuk RQDI terus meningkatkan kualitas dan kuatitas baik itu dari guru, anak, prasarana, maupun proses pembelajaran membaca Al-Qur‟an menggunakan metode tilawati, agar target pencapaiannya sesuai dengan standar metode tilawati.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Metode Tilawati, Kemampuan Membaca Al-Qur’an
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.IP Furqon Adli
Date Deposited: 07 Jun 2022 08:16
Last Modified: 07 Jun 2022 08:16
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/8554

Actions (login required)

View Item View Item