METODE PENDIDIKAN HATI MENURUT IBNU AL-QAYYIM AL-JAUZIYAH DAN URGENSINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM

Dianita, Retha (2022) METODE PENDIDIKAN HATI MENURUT IBNU AL-QAYYIM AL-JAUZIYAH DAN URGENSINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
RETHA DIANITA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui bagaimana pandangan Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah tentang metode pendidikan hati serta bagaimana pula urgensinya dalam pendidikan Islam. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian library research (penelitian kepustakaan) yaitu suatu penelitian yang bertujuan untuk mengumpulkan data dan informasi dengan bantuan bermacam-macam materi yang terdapat dalam kepustakaan. Adapun sifat dari penelitian ini termasuk “Deskriptif Kualitatif”. Metode pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah adalah metode dokumentasi, sedangkan teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis isi (content analysis) yang berkaitan dengan data primer maupun sekunder. Hasil penelitian yang peneliti temukan terkait dengan metode pendidikan hati menurut Ibnu Qayyim al-Jauziyyah dan urgensinya dalam pendidikan Islam adalah dari semua penyakit hati tersebut metode pendidikan hati yang ditawarkan oleh Ibnu Qayyim yang paling penting adalah dengan menjaga kekuatan mental dan menghindari hal-hal yang membuat penyakit hati lebih parah, dan cara yang dapat dilakukan adalah mentauhidkan Allah, membaca AlQur‟an, do‟a, muhasabah, menjauhkan diri dari maksiat, dan berdzikir serta beristighfar. Pentingnya metode pendidikan hati dalam pendidikan Islam tidak lain karena apabila hati nya tidak sehat dan berpenyakit maka tindakan yang akan dilakukan seseorang itu pasti akan buruk juga. Maka sangatlah penting untuk senantiasa memupuk keimanan dalam diri manusia agar mendapatkan kesahatan hati dan terhindar dari bujuk rayu dan bisikkan setan, sehingga hati hanya mengingat Allah Swt

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Ibnu Al-Qayyim Al-Jauziyyah, Metode Pendidikan Hati dan Pendidikan Islam
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.IP Furqon Adli
Date Deposited: 07 Jun 2022 08:13
Last Modified: 07 Jun 2022 08:13
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/8556

Actions (login required)

View Item View Item