ANALISIS TRANSAKSI JUAL BELI ONLINE PADA MARKETPLACE SHOPEE MENURUT ETIKA BISNIS ISLAM

Utami, amelia puteri (2022) ANALISIS TRANSAKSI JUAL BELI ONLINE PADA MARKETPLACE SHOPEE MENURUT ETIKA BISNIS ISLAM. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
AMELIA PUTRI UTAMI.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Analisis Transaksi Jual Beli Online Pada Marketplace Shopee Menurut Etika Bisnis Islam Oleh Amelia Putri Utami, NIM. 1711130046 Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu (UIN FAS) Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis transaksi jual beli online pada marketplace shopee menurut konsep bisnis Islam. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (library research) dengan pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat peneliti simpulkan bahwa; analisis mengenai transaksi jual beli online pada marketplace shopee menurut konsep bisnis Islam telah menerapkan tentang prinsip-prinsip etika bisnis Islam; Prinsip Kesatuan (Unity) dalam transaksi jual beli online pembeli tidak melihat langsung barang yang hendak dibeli, maka penjual menampilkan gambar yang sesuai dengan barang yang diserta deskripsi dan spesifikasi, Prinsip Keseimbangan(Equlibrium) memperhatikan hak penjual dan pembeli dimana hak pembeli bisa mengecek deskripsi yang sudah dicantumkan penjual terhadap postingan yang ada pada aplikasi shopee, Prinsip Kehendak Bebas (Free Will) pembeli melakukan transaksi jual beli di aplikasi shopee ini dengan adanya niat dan kemauan sendiri tidak ada unsur paksaan dari pihak penjual, Prinsip Pertanggung Jawaban (Responsibility) pembeli sudah menerima produk yang ia beli ternyata produk yang dikirim penjual tidak sesuai dengan apa yang dipesan maka muncul komplain, penjual harus bertanggung jawab karena bisa jadi itu kelalaian penjual yang tidak teliti, Prinsip Kebenaran; Kebajikan dan Kejujuran. Penjual telah mengirim barang pesanan pembeli yang sesuai dengan deskripsi dan spesifikasi produk pada aplikasi shopee.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Jual Beli Online, Marketplace, Shopee, Etika Bisnis Islam
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Syari'ah
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 16 Jun 2022 02:25
Last Modified: 16 Jun 2022 02:25
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/8672

Actions (login required)

View Item View Item