ANALISIS PEMASARAN SYARIAH ALFATH BRANDING DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS KONSUMEN

syahroni, 0 (2022) ANALISIS PEMASARAN SYARIAH ALFATH BRANDING DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS KONSUMEN. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
SYAHRONI.pdf

Download (7MB)

Abstract

Analisis Pemasaran Syariah Alfath Branding Dalam Mempertahankan Loyalitas Konsumen Oleh Syahroni, NIM. 1611130146 Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui bagaimana perusahaan dalam mempertahankan loyalitas konsumen dan untuk mengetahui apa yang menjadi alasan konsumen menjadi loyal terhadap perusahaan Alfath Branding di kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriftif. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Dengan menggunakan metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan penulis diketahui bahwa Dalam Islam solusi untuk menjaga konsumen dari praktik kecurangan dalam pemasaran yang tidak sesuai dengan barang atau jasa, adalah dengan hak khiyar al-aib bagi konsumen. Yaitu hak bagi konsumen untuk membatalkan atau melanjutkan transaksi akibat katm al-uyub (menyembunyikan cacat barang). Ada juga khiyar ru’yah yang sangat penting diterapkan khususnya pada era modern, apalagi dengan maraknya transaksi jual beli online yang mana pembeli belum melihat langsung barang yang dibelinya. Seseorang pelanggan dikatakan setia atau loyal apabila pelanggan tersebut menunjukkan perilaku pembelian secara teratur atau terdapat suatu kondisi dimana mewajibkan pelanggan membeli paling sedikit dua kali dalam selang waktu tertentu. Upaya memberikan kepuasan pelanggan dilakukan untuk mempengaruhi sikap pelanggan, sedangkan konsep loyalitas pelanggan lebih berkaitan dengan perilaku pelanggan daripada sikap dari pelanggan. Seorang konsumen dikatakan loyal apabila dia mempunyai suatu komitmen yang kuat untuk menggunakan atau membeli lagi secara rutin sebuah produk atau jasa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Analisis Pemasaran syariah, loyalitas konsumen
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 16 Jun 2022 01:52
Last Modified: 16 Jun 2022 01:52
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/8715

Actions (login required)

View Item View Item