Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Anak Tunagrahita di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa (SMPLB) Amal Mulia Kota Bengkulu

Kurniawati, Erika (2017) Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Anak Tunagrahita di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa (SMPLB) Amal Mulia Kota Bengkulu. Masters thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
Erika Kurniawati.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Erika Kurniawati, 2017. NIM: 2143020590. “Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Anak Tunagrahita di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa (SMPLB) Amal Mulia Kota Bengkulu”. Pembimbing I: Dr. Zubaedi, M.Ag.,M.Pd dan Pembimbing II: Dr. Aan Supian, M.Ag. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pertama, metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi siswa tunagrahita di Sekolah Luar Biasa Amal Mulia Kota Bengkulu. Kedua, efektifitas penerapan metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi siswa tunagrahita di Sekolah Luar Biasa Amal Mulia Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Deskriptif kualitatif. Penelitian ini berusaha mendeskripsikan analisis mengenai metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi siswa tunagrahita di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa (SMPLB) Amal Mulia Kota Bengkulu. Adapun dari hasil penelitian ini adalah pertama, proses pembelajaran pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa (SMPLB) Amal Mulia sudah menggunakan metode pembelajaran yang ada seperti ceramah, hafalan, Tanya jawab, diskusi, pemberian tugas, dan metode kisah/cerita sebagai cara untuk menyampaikan pembelajaran bagi siswa Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa (SMPLB) Amal Mulia. Selain menggunakan metode tersebut guru agama Islam yang ada di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa (SMPLB) Amal Mulia juga sudah menerapkan metode pembelajaran diindividualisasikan bagi siswa tunagrahita. Kedua, diantara beberapa metode tersebut di atas yang dianggap lebih cocok dan efektif bagi siswa tunagrahita yaitu metode pembelajaran yang diindividualisasikan, hal ini tampak dengan adanya siswa merasa senang dan memahami materi yang diajarkan guru, dengan beberapa metode tersebut hasil pembelajaran bisa nantinya bisa tercapai dengan baik sesuai dengan target guru serta hasil perkembangan pikir siswa. Selain itu, metode pembelajaran yang diindividualisasikan sebagai ciri khas dalam metode pembelajaran bagi siswa tunagrahita, siswa merasa lebih memahami apabila materi apabila diberikan sesuai dengan kemampuan masing-masing. Siswa merasa lebih diperhatikan dan merasa percaya diri karena salah maupun benar guru memberikan apresiasi yang positif kepada/siswa. Kata kunci: Metode Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Tunagrahita

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 15 Mar 2019 02:41
Last Modified: 15 Mar 2019 02:41
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/877

Actions (login required)

View Item View Item