Lestari,, Jamilah (2022) STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN MOTORIK KASAR ANAK PADA PERMAINAN TRADISIONAL LOMPAT TALI DI TK MAJLEHA DESA SUKAMENANG KECAMATAN KARANG JAYA KABUPATEN MUSI RAWAS UTARA. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
Text (Skripsi)
JAMILAH LESTARI.pdf Download (5MB) |
Abstract
Permasalahan akan dibahas dalam penelitian ini adalah : 1). Bagaimana perencanaan dan pelaksanaan guru dalam mengembangkan motorik kasar anak pada permainan tradisional lompat tali di TK Majleha Desa Sukemenang? 2). Apa faktor pendukung dan penghambat dalam mengembangkan motorik kasar anak pada permainan tradisional lompat tali di TK Majleha? Sedangkan tujuan penelitian adalah : 1). Untuk mengetahui perencanaan dan pelaksanaan guru dalam mengembangkan motorik kasar anak pada permainan tradisional lompat tali di TK Majleha Desa Sukemenang. 2). Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam mengembangkan motorik kasar anak pada permainan tradisional lompat tali di TK Majleha. Penelitian yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah meliputi: wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan perencanaan dan pelaksanaan guru dalam mengembangkan motorik kasar anak pada permainan tradisional lompat tali di TK Majleha Desa Sukemenang sudah dilakukan secara optimal oleh guru kelas masing-masing, tetapi untuk perkembangan motorik kasar anak masih perlu dilakukan upaya untuk peningkatannya. Secara keseluruhan perencanaan dan pelaksanaan yang dilakukan oleh guru di TK Majleha sudah baik, akan tetapi dalam mengembangkan perkembangan aspek motorik kasar anak masih perlu variasi dan inovasi metode yang lainnya. Selain itu faktor pendukung dalam permainan tradisional dalam mengembangkan perkembangan motorik kasar anak usia dini di TK Majleha diantaranya yaitu: 1) halaman yang cukup luas dimiliki oleh sekolah, 2) anak-anak memiliki antusias yang tinggi ketika diajak belajar melalui permainan tradisional lompa tali, dan 3) hemat biaya. Sedangkan, penghambat dalam implementasi permainan tradisional lompat tali dalam mengembangkan perkembangan motorik kasar anak usia dini diantaranya yaitu: 1) sebagian anak yang masih takut untuk mencoba hal yang baru, 2) anak-anak kurang percaya diri dan malas untuk diajak banyak bergerak, 3) cuaca yang kadang tidak menentu.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Motorik Kasar, Permainan Lompat Tali |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | yuli astria ria |
Date Deposited: | 17 Jun 2022 01:08 |
Last Modified: | 17 Jun 2022 01:08 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/8827 |
Actions (login required)
View Item |