ANALISIS METODE OUTDOOR LEARNING PADA RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI SMP NEGERI 21 KOTA BENGKULU

Sulaimi, Anggi Irna (2021) ANALISIS METODE OUTDOOR LEARNING PADA RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI SMP NEGERI 21 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
ANGGI IRNA SULAIMI.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu pertama, untuk mendeskripsikan pelaksanaan metode outdoor learning pada mata pelajaran IPA siswa kelas VII dan kelas VIII di SMP Negeri 21 kota Bengkulu, kedua untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat guru IPA dalam menggunakan metode outdoor learning pada pembelajaran IPA siswa kelas VIII dan kelas VIII SMP Negeri 21 kota Bengkulu, yang ketiga untuk mengetahui respon peserta didik setelah menggunakan metode outdoor learning pada mata pelajaran IPA siswa kelas VII dan kelas VIII di SMP Negeri 21 kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dipakai peneliti adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Tahap analisis data yaitu reduksi data penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis metode outdoor learning Pada rencana pelaksanaan pembelajaran ilmu pengetahuan alam di SMP Negeri 21 kota Bengkulu yaitu, Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dari dua guru IPA kelas VII dan VIII bahwa menggunakan metode outdoor learning inilah yang cocok diterapkan berdasarkan materi pelajaran IPA yang akan disampaikan, karena memang ada beberapa materi yang harus di outdoor learning kan, Pembelajaran dengan menerapkan metode oudoor learning dengan menggunakan bentuk pembelajaran dilingkungan sekolah, dilaksanakan sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran(RPP). Penelitian ini merupakan bentuk-bentuk pembelajaran outdoor learning yaitu studi lapangan yang dilakukan di SMP N 21 kota Bengkulu. Melalui kegiatan studi lapangan siswa akan memiliki pengalaman belajar yang tinggi karena berinteraksi dengan objek secara langsung.Faktor pendukung dalam menggunakan metode outdoor learning yaitu buku-buku penunjang dan LKS, dan faktor penghambat dalam menggunakan metode outdoor learning waktu yang dibutuhkan, cuaca yang tidak mendukung untuk melakukan pembelajaran di luar kelas dan dikarenakan kurang konsentrasi anak-anak ketika berada di luar. Untuk respon peserta didik dalam menggunakan metode outdoor learning sangat antusias dan menyenangkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Metode Outdoor Learnig
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: S.IP Furqon Adli
Date Deposited: 17 Jun 2022 01:08
Last Modified: 17 Jun 2022 01:08
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/8837

Actions (login required)

View Item View Item