PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN CORONG BERHITUNG UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAAN LOGIKA MATEMATIKA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI Tk ISLAM INTEGRAL DARUL FIKRI KOTA BENGKULU

Jumiarti,, Seftiana (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN CORONG BERHITUNG UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAAN LOGIKA MATEMATIKA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI Tk ISLAM INTEGRAL DARUL FIKRI KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
SEFTIANA JUMIARTI.pdf

Download (10MB)

Abstract

Kegiatan pembelajaran yang ada di Tk salah satunya yakni kegiatan menjumlahkan,berhitung. Pembelajaran ini dilakukan sesuai dengan usia anak yang terdapat standar pencapaiannya yang telah ditetapkan. Oleh sebab itu guru dituntut untuk membuat media pembelajaran yang berkaitan dengan berhitung dan salah satunya yakni permainan corong berhitung. Dan dari observasi itu yang peneliti dapati dilapangan bahwa di Tk tersebut belum ada pengembangan permainan corong berhitung untuk media penjumlahan. Oleh karena itu peneliti tertarik melakukan penelitian yang berjudul “Pengembangan Permainan corong berhitung untuk meningkatkan kecerdasan logika matematika anak usia 5-6 tahun di Tk Islam Integral Darul Fikri Kota Bengkulu”. Dan metodologi penelitian yang peneliti gunakan adalah menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D). Adapun tujuan lain yang terdapat dalam metode penelitian ini ialah untuk menghasilkan dan mengembangkan suatu produk yang baru. Dalam penelitian ini cakupan pengembangan berupa media permainan corong berhitung sebagai media penjumlahan untuk anak TK Kelompok B. Kevalidasi media permainan corong berhitung untuk meningkatkan kecerdasan logika matematika anak usia 5-6 tahun juga sudah layak untuk digunakan dan telah di validasi oleh pakar atau ahli yang awalnya pada validasi yang pertama dengan persentase 71,4% dan validasi yang kedua dengan persentase 90,7%. Hasil uji coba diTK Islam Integral Darul Fikri kota Bengkulu peneliti menggunakan data kuantitatif dan kualitatif deskriptif persentase. Berdasarkan hasil analisa data maka dapat disimpulkan bahwa hasil uji pecapaian anak dalam produk permainan ini sudah layak dan valid di gunakan sebagai media penjumlahan dengan diperoleh kategori, BB: <16,66%, MB: 33,33%, BSH: 50%, BSB: 66,67%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Permainan corong berhitung, kecerdasan logika matematika.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: yuli astria ria
Date Deposited: 17 Jun 2022 03:49
Last Modified: 17 Jun 2022 03:49
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/8869

Actions (login required)

View Item View Item