Pengembangan Instrumen Penilaian Untuk Mengukur Keterampilan Proses sains Materi Tekanan Untuk Kelas VIII SMP

Ikhsan, Adli (2022) Pengembangan Instrumen Penilaian Untuk Mengukur Keterampilan Proses sains Materi Tekanan Untuk Kelas VIII SMP. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
ADLI IKHSAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Instrumen 1penilaian 1merupakan 1serangkaian 1proses 1kegiatan memperoleh informasi 1dan 1bukti 1melalui 1mengukur, 1menganalisis, menafsirkan, 1dan menginterprestasi 1untuk 1mengetahui 1hasil 1belajar 1dalam ketercapaian kompetensi 1peserta 1didik. 1Penilaian 1yang 1dimaksudkan 1ialah 1untuk menilai 1tiga 1ranah 1kompetensi, 1yaitu 1sikap, 1pengetahuan 1dan keterampilan. 1keterampilan 1proses sains menekankan 1pada 1penumbuhan dan pengembangan 1sejumlah 1keterampilan 1tertentu 1pada 1diri 1peserta 1didik sehingga 1mampu 1memproses 1infromasi 1untuk 1memperoleh 1fakta, 1konsep, maupun 1pengembangan 1konsep 1dan 1nilai. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model Borg dan Gall yang diadaptasi oleh Sugiyono dengan 6 tahapan yang terdiri dari potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, dan uji coba skala kecil. Hasil uji kelayakan Instrumen dari ahli Instrumen Penilaian 97,2% kategori sangat layak, di dapat ahli materi sebesar 91,6 % sangat1layak, ahli bahasa 95,4% dengan kategori sangat layak dengan kriteria validasi “valid”. Sedangkan uji respon guru memperoleh 196,4 1% dengan kategori 1sangat 1layak

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Instrumen Penilaian, Keterampilan Proses Sains, Tekanan
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Q Science > QP Physiology
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 17 Jun 2022 07:41
Last Modified: 17 Jun 2022 07:41
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/8877

Actions (login required)

View Item View Item