PENGEMBANGAN ASESSMENT UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMPN 7 SELUMA PADA MATERI BAHAN-BAHAN KIMIA PADA KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Putriani,, Deka (2022) PENGEMBANGAN ASESSMENT UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMPN 7 SELUMA PADA MATERI BAHAN-BAHAN KIMIA PADA KEHIDUPAN SEHARI-HARI. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
DEKA PUTRIANI.pdf

Download (9MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk pengembangan aesemen untuk mengukur keterampilan berpikir kreatif materi bahan-bahan kimia dikehidupan sehari-hari pembelajaran IPA untuk siswa/i SMP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg & Gall yang terdiri dari (8) delapan tahap yaitu tahap analisis kebutuhan, tahap pengumpulan data, tahap desain produk, tahap validasi ahli, tahap revisi desain, tahap uji coba skala kecil, tahap revisi produk, dan tahap uji coba pemakaian. Penelitian yang dilakukan hanya sampai pada tahap uji coba skala kecil. Instrumen yang digunakan yaitu angket validasi terhadap kualitas dan mengembangakn asesmen berpikir kreatif materi bahan-bahan kimia dikehidupan sehari-hari. Subjek dalam penelitian adalah 3 orang dosen universitas Agama Islam Negeri Bengkulu yang terdiri dari 1 orang dosen ahli asesmen, 1 orang dosen ahli materi, dan 1 orang dosen ahli bahasa, dan 1 orang guru IPA serta siswa SMP kelas VII yang terdiri dari 10 orang siswa. Data dari hasil analisis angket dengan menghitung persentase pencapaian pada setiap komponen yaitu 87,69% (ahli asesmen), 95,5% (ahli bahasa), dan 82% (ahli materi) dengan kategori sangat layak digunakan. Sedangkan data dari hasil analisis angket respon siswa dengan menghitung persentase pencapaian pada setiap komponen yaitu 80%, 72%, 90%, 78%, 80%, 78%, 76% ,80%, 90%, 90% dengan kategori sangat layak. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa asesmen berpikir kreatif siswa smp 7 seluma materi bahan-bahan kimia dikehidupan sehari-hari telah layak dan siswa setuju digunakan sebagai alat pembelajaran IPA untuk menunjang proses belajar mengajar dalam asesmen berpikir kreatif siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Asesmen, Berpikir Kreatif, Bahan-bahan Kimia Dikehidupan Sehari-hari
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: yuli astria ria
Date Deposited: 21 Jun 2022 02:02
Last Modified: 21 Jun 2022 02:02
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/8893

Actions (login required)

View Item View Item