Harjoyo, Josen (2021) "Efektivitas Pembelajaran Tahfizh Al-Quran Studi Pada SDIT IQRA 1 Kota Bengkulu". Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
Text (Skripsi)
JOSEN HARJOYO.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi kendala-kendala yang di hadapi dalam proses pembelajaran Tahfihz Al-Qur‟an, Tidak semua siswa menyetorkan hafalan Al-Qur‟an secara tepat waktu, Tidak semua siswa rajin Menghafal Al�Qur‟an, Tidak semua siswa berakhlak yang baik. atas dasar ini, rumusan permasalahan penelitian ini adalah proses pembelajaran Tahfizh Al-Qur‟an di SDIT IQRA 1 Kota Bengkulu Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses Pembelajaran Tahfizh Al-Qur‟an yang di terapkan di SDIT IQRA 1 Kota Bengkulu. jenis penelitian yang di gunakan adalah jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriftif. instrumen yang di gunakan tentang Proses Pembelajaran Tahfizh Al-Quran dengan mengumpulkan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Proses Pembelajaran Tahfizh Al-Quran di SDIT IQRA 1 Kota Bengkulu adalah baik dan efektif. Proses pembelajaran Tahfizh Al-Qur‟an yaitu dengan permulaan siswa menghafal bersama dengan guru/ustadz di sekolah dengan proses awal pembelajaran menghafal Al-Qur‟an dengan menggunakan metode Talaqqi dan Wafa kemudian memastikan bacaan dan hafalan sudah benar lalu di lanjutkan pada ayat berikutnya, kedua menghafal secara mandiri dirumah dan disetorkan pada saat pembelajaran Tahfizh Al-Qur‟an di mulai kemudian hafalan yang harus di setorkan minimal 1 ayat setiap kali pertemuan, kemudian guru/ustadz menyimak hafalan siswa pada saat setor apabila terdapat kesalahan guru/ustadz memperbaiki secara langsung bacaaan siswa dan ketika sudah selesai setoran di catat dalam buku kontrol hafalan siswa apakah hafalan sudah layak di lanjutkan, atau mengulang kembali hingga lancar dan melanjutkan hafalan berikutnya. faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran Tahfizh Al-Quran terdiri dari (1) faktor pendukung dan penghambat motivasi adalah hal yang paling utama dalam mendukung pembelajaran Tahfizh yaitu motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik, metode juga merupakan faktor pendukung dalam pembelajaran Tahfizh Al-Quran metode yang terdiri dari metode Talaqqi dan Wafa yang umum di gunakan di SDIT IQRA 1 Kota Bengkulu, sarana prasarana juga merupakan faktor pendukung dalam pembelajaran Tahfizh Al-Quran yaitu terdiri dari buku Tahsin, buku Wafa dan Al-Quran. faktor penghambat yaitu siswa tidak rajin mengulang hafalan, alokasi waktu pembelajaran kurang, siswa kurang semangat dalam menghafal Al-Quran. (2) permasalahan dalam pembelajaran Tahfizh Al-Quran di SDIT IQRA 1 Kota Bengkulu, target hafalan Al-Quran siswa kurang terpenuhi, siswa malas mengulang hafalan pada saat di rumah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Proses, Pembelajaran Tahfizh Al-Quran |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ms yuliana saputri |
Date Deposited: | 22 Jun 2022 01:30 |
Last Modified: | 22 Jun 2022 01:30 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/8919 |
Actions (login required)
View Item |