“Pola Bimbingan Kerohanian Islam Dalam Upaya Menghindari Pemberian Hukuman Siswa Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 04 Kota Bengkulu”

Yuriska, Nike (2022) “Pola Bimbingan Kerohanian Islam Dalam Upaya Menghindari Pemberian Hukuman Siswa Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 04 Kota Bengkulu”. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (skripsi)
NIKE YURISKA.pdf

Download (9MB)

Abstract

Rumusan Masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana Pola bimbingan kerohanian Islam dalam upaya menghindari pemberian hukuman siswa di SMPN 4 Kota Bengkulu? dan Apa saja hambatan dan Pendukung dan Memberika n bimbingan kerohanian Islam dalam upaya menghindari pemberian hukuman siswa di SMPN 4 Kota Bengkulu?. Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsi sejauh mana upaya guru menghindari hukuman pola bimbingan kerohanian Islam yang dilakukan di SMPN 4 kota Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi dengan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian daya dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil Penelitian menunjukan bahwa guru SMPN 4 Kota Bengkulu telah melakukan upaya menghindari hukuman melalui pola bimbingan kerohanian Islam berupa konsekuesi mendapat arahan dan peringatan, mengucapkan istigfar, menghafal 40 hadist pilihan ketika siswa melanggar. Pola bimbingan kerohanian Islam telah meningkatkan kedisiplinan siswa akan tetapi masih kurang maksimal. Sebab belum ada aturan tertulis yang bersifat regulatif. Konsekuensi dari pelanggaran masih bersifat spontanitas

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Peran Guru, Pendidikan Karakter, dan Pendidikan Agama Islam
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 22 Jun 2022 01:31
Last Modified: 22 Jun 2022 01:31
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/8925

Actions (login required)

View Item View Item