PERAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MEMBANGUN KEMANDIRIAN SANTRI DI PESANTREN MAKHRIFATUL ILMI BENGKULU SELATAN

gustiana, Rivi (2021) PERAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MEMBANGUN KEMANDIRIAN SANTRI DI PESANTREN MAKHRIFATUL ILMI BENGKULU SELATAN. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
RIVI GUSTIANA.pdf

Download (9MB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apa saja model Pendidikan karakter dan evaluasi yang dikembangkan di pondok pesantren makrifatul ilmi Bengkulu selatan dan apa saja hambatan dan solusi dalam membangun kemandirian santri di pondok pesantren makrifatul ilmi Bengkulu selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja model Pendidikan karakter dan evaluasi yang di kembangkan di pondok pesantren makrifatul ilmi Bengkulu selatan, untuk mengetahui karakteristik kemandirian santri di pondok pesantren makrifatul ilmi Bengkulu selatan. Dan untuk mengetahui apa saja hambatan dan solusi dalam membangun kemandirian santri di pondok pesantren makrifatul ilmi Bengkulu selatan. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan yang bersifat studi kasus dengan pendekatan kualitatif diskriptif, di dalamnya terdapat upaya mendiskripsikan, mencatat, analisis dan menginterpresentasikan kondisi�kondisi sekarang ini terjadi atau ada. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa model Pendidikan karakter pada siswa pondok pesantren makrifatul ilmi Bengkulu selatan model Pendidikan karakter yang islami adalah program yang dirancang untuk membentukkan karakter atau sikap peserta didik yang islami agar menjadi lebih baik dan membiasakan menggunakan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam pelaksanaan Pendidikan karakter untuk peserta didik model yang di terapkan di pondok pesantren makrifatul ilmi Bengkulu selatan: pertama, berilmu yakni untuk siswa bisa menguasai berbagai bidang terutama di bidang agama kemudian dalam segi Bahasa juga, karena sekolah juga menekankan untuk siswa bisa dalam empat Bahasa yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa melayu, Bahasa inggris dan Bahasa arab. Kedua berdisiplin yakni sekolah mengusahakan untuk semua siswa berprilaku mengikuti peraturan sekolah yaitu dalam segi kebersihan, kerapian pakaian, berbasis pagi, kedisplinan dalam kelas, sholat berjamaah dan sebagainya, terutama dalam segi ibadah sholat berjamaah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: analisis model Pendidikan karakter, kemandirian santri
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 22 Jun 2022 01:31
Last Modified: 22 Jun 2022 01:31
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/8935

Actions (login required)

View Item View Item