PEMBENTUKAN KARAKTER MELALUI MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK SISWA KELAS VIII DI MTS DARUNNAJA KECAMATAN KETAHUN KABUPATEN BENGKULU UTARA

Br. Sitorus Pane, Soffiah Lauwren (2022) PEMBENTUKAN KARAKTER MELALUI MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK SISWA KELAS VIII DI MTS DARUNNAJA KECAMATAN KETAHUN KABUPATEN BENGKULU UTARA. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

[img] Text (Skripsi)
SOFFIAH LAUWREN Br. SITORUS PANE.pdf

Download (1MB)

Abstract

pendidikan karakter” Character in many forms has been described as the way we express our inner and outward being; that imbedded value that is wihitin us, and will make some of us to go out of our ways to express compassion, caring, integrity, and all other values that go with virtue” yang dapat diartikan karakter adalah cara kita mengekspresikan kepribadian maupun sikap, dimana nilai-nilai telah tertanam dalam diri kita, dan membuat kita untuk mengungkapkan ekspresi kasih sayang, kepedulian, integritas, rasa hormat, dan kebaikan lainnya. Penelitian bertujuan untuk membentuk peserta didik beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT serta memiliki akhlaq mulia. Ada 18 nilai karakter menurut Kementerian Pendidikan Nasional yaitu religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, komunikatif/bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. Penelitian ini, penulis memilih jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Penelitian yang peneliti lakukakan ini menggunakan analisis data meliputi : data reduction, data display, dan conclution drawing atau verivication. sesuai dengan teori yasmida ambarawa Yang menyatakan bahwa Mata pelajaran akidah akhlak merupakan pondasi yang utama dalam pembentukan pribadi manusia seutuhnya. Pendidikan yang mengarah pada terbentuknya pribadi yang baik adalah hal pertama yang harus dilakukan. berdasarkan dengan teori tersebut Maka hasil peneltian ini Memperoleh data maka dapat penulis paparkan sebagai berikut,(1) Guru Akidah Akhlak di MTs Darunnaja, sudah berusaha menggunakan pendekatan saintifik tetapi penggunaan metode ceramah masih sangat dominan dalam proses pembelajaran yang dilakukan.(2) Nilai-nilai karakter yang dilakukan Guru akidah akhlak dalam mengembangkan karakter siswa kelas VIII, pemberian nasihat, membangun pembiasaan, keteladanan, ketersediaan fasilitas yang mendukung, dan komunikasi dengan semua pihak.(3) Faktor pendukung guru akidah akhlak dalam menanamkan karakter islami peserta didik MTs terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pembentukan Karakter Melalui Mata Pelajaran Akidah Akhlak
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 22 Jun 2022 01:33
Last Modified: 22 Jun 2022 01:33
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/8939

Actions (login required)

View Item View Item