PEMANFAATAN YOUTUBE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PAI PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’ AN HADIST DI ERA PANDEMI COVID-19 STUDI DI MTS AL-MUBAARAK KOTA BENGKULU

Saputra, Yoga (2022) PEMANFAATAN YOUTUBE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PAI PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’ AN HADIST DI ERA PANDEMI COVID-19 STUDI DI MTS AL-MUBAARAK KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

[img] Text (Skripsi)
YOGA SAPUTRA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mendiskripsikan bagaimana pemanfaatan video dari Youtube sebagai media pembelajaran PAI pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist di era pandemi covid-19 di MTs Al-Mubaarak Kota Bengkulu, 2) untuk mendiskripsikan bagaimana tanggapan siswa mengenai pemanfaatan Youtube sebagai media ajar dalam belajar al-qur’an hadist di MTs Al-Mubaarak Kota Bengkulu. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian lapangan, pendekatan kualitatif deskriptif. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berdasarkan wawancara, observasi dan dokumentasi, berupa gambar dan catatan pada profil sekolah. Sumber data primer dari penelitian ini adalah guru pendidikan agama Islam (Al-Qur'an Hadist) dan beberapa siswa kelas VII MTs Al-Mubaarak Kota Bengkulu. Sedangkan sumber data sekundernya yaitu berupa media Youtube yang digunakan guru Pendidikan Agama Islam (Al-Qur’an Hadist) dalam melakukan KBM Daring (Online). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) pemanfaatan video dari Youtube sebagai media pembelajaran PAI pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist di era pandemi covid-19 di MTs Al-Mubaarak Kota Bengkulu yaitu, guru PAI (al�qur'an hadist) memanfaatkan youtube sebagai media pembelajaran agar proses pembelajaran selama pandemi covid-19 tetap terlaksana sehingga pembelajaran daring menjadi efektif dan menyenangkan. Beberapa guru juga mengunakan fitur�fitur yang ada di youtube dalam pengunggah video dan situs download video yaitu savefrom.net. Fitur tersebut seperti deskripsi video, penyesuaian Thumbnail, playlist, share link dan layar akhir. Fitur ini dapat di manfaatkan oleh guru untuk membagikan tautan video pembelajaran yang berasal dari youtube untuk dikirimkan ke group WhatsApp kelas. 2) Tanggapan siswa mengenai pemanfaatan Youtube sebagai media ajar dalam belajar al-qur’an hadist di MTs Al-Mubaarak Kota Bengkulu yaitu, dimana siswa mengeluhkan proses pembelajaran saat daring. Siswa tidak sepenuhnya memahami materi-materi yang guru berikan melalui pemebelajaran daring. Masih adanya keterbatasan jaringan internet maupun kuota. Masih adanya siswa yang belum mempunyai handpone untuk melakukan pembelajaran daring

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Pemanfaatan, YouTube, Media Pembelajaran PAI.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 22 Jun 2022 01:35
Last Modified: 22 Jun 2022 01:35
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/8945

Actions (login required)

View Item View Item