Strategi Komunikasi Guru Dalam Proses Belajar Mengajar Anak Tunagrahita Di SLB 01 Kota Bengkulu,” Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI),

SENTRO, SENTRO (2022) Strategi Komunikasi Guru Dalam Proses Belajar Mengajar Anak Tunagrahita Di SLB 01 Kota Bengkulu,” Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI),. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

[img] Text (Skripsi)
EJI SENTRO.pdf

Download (6MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah : 1. Untuk mengetahui strategi komunikasi guru dalam proses belajar mengajar anak Tunagrahita di SLB 01 Kota Bengkulu. 2. Penerapan multimodal learning efektif dalam komunikasi guru dan anak tunagrahita pada proses belajar mengajar. Jenis penelitian yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan 1. Komunikasi yang biasa dilakukan antara guru dan siswa adalah komunikasi verbal seperti ketika dalam proses belajar mengajar di kelas dan luar kelas. Komunikasi verbal ini bisa berupa percakapan tatap muka antara guru dan siswa, berbicara dalam pembelajaran di kelas. Sebenarnya pada saat kita melakukan komunikasi kita bukan hanya menyampaikan pesan yang bersifat verbal melainkan juga menyampaikan pesan non verbal. Dalam penelitian ini, komunikasi yang dipakai guru dalam proses belajar mengajar adalah menggunakan komunikasi verbal dan non verbal. Dalam mengajar, guru menggunakan komunikasi verbal yang sederhana. Komunikasi non verbal yang dilakukan berupa penyampaian materi dengan gerakan tubuh, misalnya guru sedang mengajarkan huruf-huruf konsonan dan vokal. Ketika mengeja kata-kata, maka guru tersebut akan berbicara menyebut kata tersebut sambil menunjukkan gerakan mulutnya. Jadi, komunikasi verbal biasanya digabungkan dengan komunikasi non verbal. 2. Dalam mengajar, guru memanfaatkan media yang telah ada di sekolah. Namun, ada kalanya guru tidak menggunakan media instruksional dikarenakan terkendala oleh peralatan yang terbatas atau berhalangan dengan mata pelajaran lain yang menggunakan media yang sama dalam waktu bersamaan. Bahkan, beberapa guru menganggap ada kalanya materi pelajaran yang tidak memerlukan media dan cukup hanya dilakukan dengan metode ceramah dan penjelasan verbal saja. Selain itu, guru juga sering menggunakan lingkungan sekitar atau menyediakan bahan sendiri untuk mengajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Strategi Komunikasi, dan Proses Belajar Mengajar
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 22 Jun 2022 01:38
Last Modified: 22 Jun 2022 01:38
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/8971

Actions (login required)

View Item View Item