Pengaruh kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika di Era New Normal siswa kelas IV SD Negeri 105 Seluma”

Handayani, Fitri (2021) Pengaruh kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika di Era New Normal siswa kelas IV SD Negeri 105 Seluma”. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

[img] Text (Skripsi)
FITRI HANDAYANI.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat atau tidak pengaruh yang signitikan kemandirian siswa terhadap prestasi belajar matematika di era New Normal siswa kelas IV SD Negeri 105 Seluma. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif, kuantitatif adalah metode untuk menguji teori�teori tertentu dengan cara meneliti hubungan antarvariabel. Penelitian kuantitaif adalah suatu proses menemukan pengetahuan yang menggunakan data berupa angka sebagai alat menemukan keterangan mengenai apa yang ingin kita ketahui. Dengan jenis pendekatan yang di gunakan adalah pendekatan survey. Pendekatan survey adalah penelitian yang dilakukan melalui pengamatan langsung terhadap suatu gejala atau perkumpulan informasi dari populasi besar maupun kecil, tetapi data yang dipelajari adalah data dari sampel sebagai mewakili data populasi tersebut. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 105 Seluma yang berjumlah 20 siswa. Sedangan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 105 Seluma yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan koensioner (Angket) dan dokumentasi. Angket digunakan untuk mengungkap pengaruh variabel kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa dan dokumentasi menggungkapkan hasil penelitian bahwa antara variabel kemandirian terhadap prestasi belajar siswa berpengaruh positif secara signifikan. Angket dan dokumentasi digunakan untuk melakukan pengamatan dan mendata jumlah siswa SD Negeri 105 Seluma. Hasil penelitian yang diperoleh adalah terdapat pengaruh yang signifikan kemandirian siswa terhadap prestasi belajar matematika di era New Normal IV SD Negeri 105 Seluma.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci :Kemandirian Belajar dan Prestasi Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BD Speculative Philosophy
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 23 Jun 2022 07:45
Last Modified: 23 Jun 2022 07:45
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/8981

Actions (login required)

View Item View Item