pengaruh yang signifkan model kooperatif Team Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV di SD Negeri 74 Kota Bengkulu.

Eftia, Oka (2022) pengaruh yang signifkan model kooperatif Team Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV di SD Negeri 74 Kota Bengkulu. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

[img] Text (Skripsi)
OKA EFTIA.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah pengaruh yang signifkan model kooperatif Team Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV di SD Negeri 74 Kota Bengkulu. Metode penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SD Negeri 74 Kota Bengkulu. Adapun jumlah populasi siswa adalah 302 siswa. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, tes, dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: terdapat pengaruh model pembelajaran cooperative tipe TGT terhadap hasil belajar. Dengan dibuktikan dari hasil pengujian uji “t” diperoleh thitung = 6,11 sedangkan ttabel dengan df 28 pada taraf signifikan 5% yaitu 0,374. Dengan demikian thitung > ttabel (6,11>0,374) yang berarti hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima, yaitu terdapat perbedaan antara penggunaan model pembelajaran cooperative tipe TGT dengan tanpa menggunakan model pembelajaran cooperative tipe TGT terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV di SD Negeri 74 Kota Bengkulu

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Model Kooperatif, Team Games Tournament, Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 24 Jun 2022 01:12
Last Modified: 24 Jun 2022 01:12
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/8998

Actions (login required)

View Item View Item