Peran Guru Kelas Sebagai Fasilitator Belajar Aktif dan Mandiri Siswa di MI Plus Ja-Alhaq Kota Bengkulu

Madani, Suci (2022) Peran Guru Kelas Sebagai Fasilitator Belajar Aktif dan Mandiri Siswa di MI Plus Ja-Alhaq Kota Bengkulu. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

[img] Text (Skripsi)
SUCI MADANI.pdf

Download (7MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini bahwasannya guru sudah berperan sebagai fasilitator dengan baik. Namun, masih banyak siswa yang belum terbiasa untuk belajar secara aktif dan mandiri. Maka dari itu peneliti melakukan penelitian di MI Plus Ja-Alhaq bertujuan untuk mengetahui peran guru kelas sebagai fasilitator belajar aktif dan mandiri siswa, dan untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung guru sebagai fasilitator belajar aktif dan mandiri siswa di MI Plus Ja-Alhaq Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data dengan tringulasi sumber dan teknik. Analisis data dengan menggunakan model miles dan huberman yaitu redusi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Guru kelas sudah berperan sebagai fasilitator belajar aktif dan mandiri. Begitupun untuk sarana dan prasana pun sudah lengkap dan dapat digunakan untuk kegiatan pembelajaran. Namun, baru beberapa siswa yang sudah terbiasa untuk belajar aktif dan mandiri dan masih banyak siswa yang belum terbiasa untuk belajar aktif dan mandiri di luar kelas maupun di dalam kelas. (2) faktor penghambat dan faktor pendukung guru dalam menjalankan perannya sebagai fasilitator: Adapun faktor pendukung peranan guru sebagai fasilitator antara lain, lingkungan sekolah dan kelas, sarana dan prasarana, media dan alat peraga, wali murid, siswa yang aktif , bahan ajar dan dari diri guru itu sendiri. Adapun faktor penghambatnya siswa yang kurang aktif dalam pembelajaran dan siswa yang susah untuk di tegur.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Peran Guru Kelas sebagai Fasilitator Belajar Aktif dan Mandiri Siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 29 Jun 2022 03:11
Last Modified: 29 Jun 2022 03:11
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/9011

Actions (login required)

View Item View Item