Pengaruh Pembelajaran Berbasis Lingkungan terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada pembelajaran Tematik di SD Negeri 87 Kota Bengkulu”.

Nopriani, Weni (2021) Pengaruh Pembelajaran Berbasis Lingkungan terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada pembelajaran Tematik di SD Negeri 87 Kota Bengkulu”. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

[img] Text (Skripsi)
WENI NOVRIANI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya nilai rata-rata hasil belajar karena siswa kurang memahami konsep yang diajarkan oleh guru dengan hafalan. sehingga pembelajaran terkesan membosankan selain itu guru juga kurang menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pembelajaran berbasis lingkungan terhadap hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran tematik. Jenis penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif korelasional. Teknik pengumpulan data yang digunakna yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan rumus t tes. Dari hasil penelitian diketahui bahwa nilai hasil beljaar pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata sebesar 4,37. Dengan nilai tertinggi 80 dan nilai terendah 50. Sedangkan pada kelas ekperimen diperoleh nilai rata-rata sebesar 73,9. Dengan nilai tertinggi 90 dan nilai terendah 60. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran berbasis lingkungan terhadap hasil belajar tentang benda dan kegunaannya dalam pembelajaran tematik siswa kelas V. Hal ini dapat dilihat dari analisis data diperoleh nilai t sebesar 4,415 dengan signifikansi 0.000. Dengan menggunakan t tabel sebesar 1.693. berdasarkan data tersebut maka t hitung 4,415 > t tabel 1.693 dan signifikansi 0.000 < 0.00. Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Lingkungan, Tematik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Lingkungan, Tematik
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 29 Jun 2022 03:14
Last Modified: 29 Jun 2022 03:14
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/9020

Actions (login required)

View Item View Item