PENGEMBANGAN APPSGEYSER SEBAGAI INSTRUMEN EVALUASI FORMATIF BENTUK KUIS BERBASIS APLIKASI UNTUK MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN UNTUK SISWA SMP

Ariyani,, Doti (2022) PENGEMBANGAN APPSGEYSER SEBAGAI INSTRUMEN EVALUASI FORMATIF BENTUK KUIS BERBASIS APLIKASI UNTUK MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN UNTUK SISWA SMP. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
DOTI ARIYANI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Teknologi pembelajaran terus mengalami perkembangan seiring dengan perkembangan zaman. Dalam pelaksanaan pembelajaran seharihari kita sering jumpai adanya pemanfaatan dari perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan, seperti yang sering dilakukan oleh guru yaitu mengkombinasikan alat teknologi dalam peroses pembelajaran. Penelitian ini merupakan pengembangan Appsgeyser sebagai instrumen evaluasi formatif bentuk kuis berbasis aplikasi untuk materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan untuk siswa SMP. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui uji kelayakan pengembangan Appsgeyser sebagai instrumen evaluasi formatif bentuk kuis berbasis aplikasi untuk materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan untuk siswa SMP yang digunakan pada mata pelajaran IPA kelas VII. Metode penelitian ini adalah Research And Development (RND) dengan tahapan potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, teknik analisis data, dan uji kelayakan. Validasi media dilakukan oleh ahli materi, ahli bahasa dan ahli media. Instrumen yang dikembangkan diuji coba oleh 14 peserta didik kelas VII dan 1 orang guru mata pelajaran IPA SMP Negeri 19 kota bengkulu. Pengembangan Appsgeyser sebagai instrumen evaluasi formatif bentuk kuis berbasis aplikasi untuk materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan untuk siswa SMP menggunakan smartphone. Hasil penilaian ahli materi mendapatkan nilai R 3.36 dengan kategori “sangat valid”. Hasil penilaian ahli media mendapatkan nilai R 4 dengan kategori “sangat valid”. Hasil penilaian ahli bahasa mendapatkan nilai R 3 dengan kategori “valid” hasil penilaian pada uji coba yang dilakukan oleh peserta didik mendapatkan nilai p 87,17% dengan kategori “sangat praktis”. Hasil penilaian pada uji coba dilakukan oleh guru mata pelajaran IPA mendapatkan nilai P 88,63% dengan kategori “sangat praktis”, sehingga kuis INMADELLING ini layak digunakan sebagai instrumen evaluasi formatif bentuk kuis berbasis aplikasi untuk materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan untuk siswa SMP.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kemajuan Teknologi, Kuis INMADELLING, Instrumen Evaluasi Formatif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: yuli astria ria
Date Deposited: 29 Jun 2022 03:24
Last Modified: 29 Jun 2022 03:24
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/9029

Actions (login required)

View Item View Item