Afliansyah,, Eddwin Pratama (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS ETNOSAINS MATERI ZAT ADITIF DAN ADIKTIF UNTUK MELATIH LITERASI SAINS SISWA SMP. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
Text (Skripsi)
EDDWIN PRATAMA AFLIANSYAH.pdf Download (3MB) |
Abstract
Modul adalah bahan ajar yang disusun secara sistematis dan menarik yang mencakup isi materi, metode, dan evaluasi yang dapat digunakan secara mandiri. penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran IPA berbasis etnosains yang memiliki kelayakan untuk dipakai setelah divalidasi, dan melihat kepraktisan modul dalam melatih literasi sains siswa. Metode penelitian menggunakan model pengembangan Borg dan Gall yang terdiri dari 8 tahap yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, mengembangkan desain produk, validasi desain produk, revisi desain produk, uji coba produk kelompok kecil, revisi produk, dan produk akhir. Data hasil analisis angket dengan menghitung persentase pencapaian pada setiap komponen persentase pencapaian kriteria kelayakan modul pembelajaran IPA berbasis etnosains yang dikembangkan layak untuk digunakan dengan persentase ahli media sebesar 95% (Sangat layak), ahli materi sebesar 96,8% (sangat layak), dan ahli bahasa 89,4% (layak). sedangkan untuk hasil uji coba skala kecil diperoleh hasil rata-rata angket respons guru dan siswa sebesar 80,91% dan 80% dengan kategori praktis.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan modul IPA, Etnosains, Literasi Sains, Zat Aditif dan Adiktif |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | yuli astria ria |
Date Deposited: | 29 Jun 2022 03:29 |
Last Modified: | 29 Jun 2022 03:29 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/9042 |
Actions (login required)
View Item |