Pengembangan modul pembelajaran IPA berbasis Science Technology Engineering Mathematic (STEM) untuk menumbuhkan High Order Thinking Skill (HOTS) Materi Getaran, Gelombang Dan Bunyi Untuk Siswa Kelas VIII SMPN 3 Bengkulu Tengah

Angraini,, Fopy (2022) Pengembangan modul pembelajaran IPA berbasis Science Technology Engineering Mathematic (STEM) untuk menumbuhkan High Order Thinking Skill (HOTS) Materi Getaran, Gelombang Dan Bunyi Untuk Siswa Kelas VIII SMPN 3 Bengkulu Tengah. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
FOPY ANGRAINI.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya beberapa kendala diantaranya guru dalam proses pembelajaran, penggunaan buku yang hanya terpaku pada buku paket yang tebal dan disedikan dipihak sekolah membuat proses pembelajaran bagi siswa tidak menarik dan tidak efektif, Maka dari dikembangkan modul pembelajaran IPA berbasis STEM agar siswa belajar lebih mandiri dan kreatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul IPA berbasis STEM untuk Menumbuhkan HOTS Materi Getaran, Gelombang dan Bunyi Untuk Siswa Kelas VIII SMP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model Thiagarajan 4-D yang terdiri dari (4) empat tahapan yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), Disseminate (Penyebarluasan). Penelitian yang dilakukan hanya sampai pada tahap uji coba skala kecil. Instrument yang digunakan yaitu angket validasi terhadap kelayakan modul dan respon siswa terhadap modul IPA berbasis STEM untuk Menumbuhkan HOTS Materi Getaran, Gelombang dan Bunyi. Subjek dalam penelitian adalah 3 orang dosen Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu yang terdiri dari 1 orang dosen ahli media/design, 1 orang dosen ahli materi, 1 orang dosen ahli bahasa, dan 1 orang guru IPA serta siswa SMP kelas VIII yang terdiri dari 15 orang siswa. Data dari analisis angket dengan menghitung persentase pencapaian pada setiap komponen yaitu 85% (ahli media/design), 96% (ahli bahasa), 84.70% (ahli materi) dengan kategori layak digunakan. Kepraktisan modul pembelajaran IPA berdasarkan data hasil respon siswa dan respon guru IPA yang dilakukan pada uji coba skala kecil/terbatas menunjukkan bahwa modul pembelajaran IPA berbasis STEM materi getaran, gelombang dan bunyi termasuk kreteria sangat praktis digunakan tanpa direvisi dengan persentase secara berurutan sebesar 75% dan 85.80%. kesimpulan penelitian ini adalah modul yang dikembangkan telah praktis digunakan sebagai bahan ajar dalam menunjang proses belajar mengajar pada materi getaran, gelombang dan bunyi dalam menumbuhkan kemampuan HOTS siswa SMP untuk kelas VIII.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Modul, STEM, High Order Thinking Skill (HOTS)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: yuli astria ria
Date Deposited: 29 Jun 2022 03:29
Last Modified: 29 Jun 2022 03:29
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/9044

Actions (login required)

View Item View Item