PENGEMBANGAN LEsMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS ETNOSAINS PADA MATA PELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR SISWA DI SMP NEGERI 15 BENGKULU UTARA

Sari,, May Wulan (2022) PENGEMBANGAN LEsMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS ETNOSAINS PADA MATA PELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR SISWA DI SMP NEGERI 15 BENGKULU UTARA. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
MAY WULAN SARI.pdf

Download (11MB)

Abstract

Pengembangan atau Research and Development (R&D) adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut. Penelitian dan pengembangan berfungsi untuk memvalidasi dan mengembangkan produk. Pengembangan yang digunakan berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Untuk itu penelitian ini bertujuan mengembangkan lembar kerja peserta didik, untuk mengetahui kelayakan pengembangan lembar kerja peserta didik, dan untuk mengetahui keefektifan dari pengembangan tersebut. Jenis penelitian yang digunakan yaitu pengembangan Borg & Gall yang dikembangkan oleh Sugiono dengan tahapan yang terdiri dari potensi masalah, pengumpulan informasi, desain produk & produk awal, validasi desain, revisi desain, uji coba produk kelompok kecil, revisi produk, produk akhir. Hasil pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis etnosains untuk kelayakan yaitu ahli bahasa 86,67 %, ahli materi 94,54 %, dan ahli media 100 %. Sedangkan hasil pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis etnosains untuk keefektifan menggunakan uji N-Gain yaitu siswa mengalami peningkatan keterampilan berpikir siswa pada kriteria tinggi 0,75, sedang 0,5, dan rendah 0,25. Uji coba skala kecil dilakukan pada siswa kelas VII A sebanyak 10 orang siswa. Kelayakan pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis etnosains untuk meningkatkan keterampilan berpikir siswa berdasarkan validator ahli hasilnya berkualifikasi layak dan valid sehingga dapat digunakan untuk siswa. sedangkan keefektifan lembar kerja peserta didik berbasis etnosains pada mata pelajaran IPA untuk meningkatkan keterampilan berpikir siswa berdasarkan N-Gain hasilnya efektif untuk digunakan siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Lembar Kerja Peserta Didik, Etnosains, Pencemaran Lingkungan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: yuli astria ria
Date Deposited: 29 Jun 2022 03:29
Last Modified: 29 Jun 2022 03:29
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/9045

Actions (login required)

View Item View Item