PENGEMBANGAN ASSESSMENT TEST UNTUK MENGUKUR BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA PADA MATERI GELOMBANG DAN BUNYI

Saputri,, Rara (2022) PENGEMBANGAN ASSESSMENT TEST UNTUK MENGUKUR BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA PADA MATERI GELOMBANG DAN BUNYI. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
RARA SAPUTRI.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan assessment test untuk mengukur berpikir tingkat tinggi siswa pada materi gelombang dan bunyi dan juga untuk mengetahui kelayakan assessment test untuk mengukur berpikir tingkat tinggi siswa.. Metode penelitian menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang terdiri dari 8 tahap yaitu potendi masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, revisi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk dan produk akhir. Penelitian dibatasi pada tahap uji coba kelompok besar terbatas kelayakan dan respon siswa terhadap assessment test untuk mengukur berpikir tingkat tinggi siswa pada materi gelombang dan bunyi. Instrument yang digunakan adalah angket validasi untuk kelayakan assessment test berpikir tingkat tinggi, angket respon guru dan siswa, uji validitas butir soal, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran, dan uji daya beda butir soal. Subjek penelitian adalah 30 orang siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Kota Bengkulu dan 1 orang guru mata Pelajaran IPA. Data hasil analisis angket dengan menghitung persentasi pencapaian pada setiap komponen persentase pencapaian kalayakan terhadap assessment test berpikir tingkat tinggi. Assessment test untuk mengukur berpikir tingkat tinggi dinyatakan sangat layak digunakan dengan persentase hasil dari validasi ahli materi 81%, uji ahli bahasa 90% dan uji ahli assessment 82%. Hasil dari angket respon guru sebesar 80%, angket respon siswa 79%. Uji validitas butir soal mendapatkan hasil dari 25 butir soal mendapatkan 20 butir soal yang dinyatakan valid. Hasil dari uji reliabilitas nilai koefisien reliabel r11 ≥ 0,67. Hasil dari uji tingkat kesukaran yaitu dari 20 butir soal terdapat 8 butir soal dengan katagori sedang dan 17 butir soal dengan katagori mudah. Hasil dari uji daya beda yaitu dari 20 butir soal terdapat 5 butir soal dengan katagori baik 15 butir soal dengan katagori cukup dan 5 butir soal dengan katagori jelek. Dari hasil data tersebut disimpulkan bahwa assessment test untuk mengukur berpikir tingkat tinggi siswa pada materi gelombang dan bunyi sangat layak untuk digunakan sebagai pedoman guru untuk evaluasi siswa untuk meningkatkan berpikir tingkat tinggi siswa kelas VIII.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Assessment Test, Mengukur Berpikir Tingkat Tinggi, Gelombang dan Bunyi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: yuli astria ria
Date Deposited: 29 Jun 2022 03:29
Last Modified: 29 Jun 2022 03:29
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/9046

Actions (login required)

View Item View Item