PENGEMBANGAN MODUL PADA MATERI KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP DENGAN TEMA KEARIFAN LOKAL TANAMAN OBAT UNTUK SISWA SMP/MTS

Nissa,, Saskia Anggun Khairun (2021) PENGEMBANGAN MODUL PADA MATERI KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP DENGAN TEMA KEARIFAN LOKAL TANAMAN OBAT UNTUK SISWA SMP/MTS. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
SASKIA ANGGUN KHAIRUN NISSA.pdf

Download (10MB)

Abstract

Pendidikan memiliki misi agar dapat mengembangkan potensi peserta didik, dapat mempengaruhi dan mengembangkan kepribadian seseorang, serta mampu menumbuhkan rasa tanggung jawab. Sementara itu untuk mewujudkan misi pendidikan dibutuhkan beberapa komponen dalam penyelenggaraan pendidikan. Salah satunya yaitu mengembangkan bahan pembelajaran. Bahan ajar yang dipakai sekolah belum berbasis kearifan lokal khususnya belum tersedianya bahan ajar modul terutama dengan tema kearifan lokal daerah setempat. Untuk itu dibutukan pengembangan bahan ajar modul dengan tema kearifan lokal dalam menunjang ketercapaian kompetensi serta tujuan dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengehasilak bagaimana pengembangan, kelayakan dan respon peserta didik serta pendidik terhadap modul dengan tema kearifan lokal tanaman obat. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan Research and Develovment (R & D) prosedur dari Borg & Gall dengan menggunakan teori enurut Sugiyono. Teknik pengumpulan data menggunakan (1) angket kebutuhan peserta didik, (2) wawancara pendidik (3) angket ahli modul ajar, (4) angket ahli materi, (5) angket ahli bahasa, (6) angket respon peserta didik, (7) angket respon pendidik dan (8) dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan skala likert modifikasi dari Riduwan untuk keperluan analisis data kuantitatif. Hasil Pengembangan Modul Pada Materi Keanekaragaman Makhluk Hidup Dengan Tema Kearifan Lokal Tanaman Obat menunjukan layak digunakan dalam proses pembelajaran hal tersebut berdasarkan pada penilaian kualitas modul oleh ahli modul ajar, ahli materi, dan ahli bahasa masing-masing sebesar 82,44%, 85%, 90,1% dengan kriteria keseluruhan sangat layak. Respon pendidik mata pelajaran biologi sebesar 85,71%. Respon peserta didik sebesar 85,68% . Dengan demikian didapatkan kesimpulan bahwa, Pengembangan dari segi desain: format isi, warna. Dari segi materi lebih akurat, sistematis, padat dan jelas. Selanjutnya dari segi bahasa modul pembelajaran biologi berbasis kearifan lokal menggunakan bahasa sederhana, jelas dan lugas sehingga modul dikatakan layak dipakai dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Modul, Kearifan Lokal, Tanaman Obat, Keanekaragaman Makhluk Hidup
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: yuli astria ria
Date Deposited: 29 Jun 2022 03:30
Last Modified: 29 Jun 2022 03:30
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/9048

Actions (login required)

View Item View Item