PENGEMBANGAN MODUL IPA BERBASIS SOCIO-SCIENTIFIC ISSUE (SSI) UNTUK MENINGKATKAN HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) PADA MATA PELAJARAN IPA UNTUK SISWA KELAS VII SMP

Selpiyanti,, Siska (2022) PENGEMBANGAN MODUL IPA BERBASIS SOCIO-SCIENTIFIC ISSUE (SSI) UNTUK MENINGKATKAN HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) PADA MATA PELAJARAN IPA UNTUK SISWA KELAS VII SMP. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
SISKA SELPIYANTI.pdf

Download (6MB)

Abstract

Modul merupakan bahan ajar cetak yang dirancang secara utuh dan sistematis untuk dapat dipelajari secara mandiri oleh peserta didik. Dalam pendidikan modul dijadikan sebagai bahan ajar alternatif yang digunakan siswa agar lebih memahami materi pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan guru dan siswa didapat bahwa dalam proses pembelajaran guru belum menggunakan modul pembelajaran berbasis Socio-Scientific issue (SSI) serta pengetahuan guru terhadap modul berbasis Socio-Scientific issue (SSI) Masih sangat terbatas. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kepraktisan modul IPA berbasis Socio-Scientific issue (SSI) untuk meningkatkan HOTS siswa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model Borg dan Gall yang diadaptasi oleh Sugiyono dengan 8 tahapan yang terdiri dari analisis kebutuhan, pengumpulan data, desain produk, pembuatan produk, validasi desain, revisi desain, uji coba skala kecil, dan produk akhir. Hasil pengembangan modul IPA berbasis Socio-Scientific issue (SSI) untuk meningkatkan HOTS mata pelajaran IPA SMP Kelas VII diperoleh nilai dari validasi ahli materi, media dan bahasa sebesar 93,7%, 94.6 % dan 93.18% dengan kategori sangat layak, sedangkan untuk hasil uji coba pemakaian di dapat hasil rata-rata angket respons siswa dan guru sebesar 80 % dan 87,9% dengan kategori sangat praktis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan modul IPA, Socio-Scientific Issue (SSI), HOTS, Pencemaran Lingkungan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: yuli astria ria
Date Deposited: 29 Jun 2022 03:30
Last Modified: 29 Jun 2022 03:30
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/9049

Actions (login required)

View Item View Item