PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA MATERI GELOMBANG DAN BUNYI DI SMP NEGERI 18 KOTA BENGKULU

Apitasari,, Yuyun (2022) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA MATERI GELOMBANG DAN BUNYI DI SMP NEGERI 18 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
YUYUN APITASARI.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian berbasis kearifan lokal pada materi gelombang dan bunyi dan juga untuk mengetahui kelayakan instrumen penilaian berbasis kearifan lokal. Desain produk dibuat semenarik mungkin dan dilengkapi dengan gambar gelombang bunyi. Metode penelitian menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang terdiri dari 8 tahap yaitu potensi masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk dan produk akhir. Penelitian dibatasi pada tahap uji coba kelompok besar terbatas kelayakan dan respon siswa terhadap instrumen penilaian berbasis kearifan lokal pada materi gelombang dan bunyi. Instrumen yang digunakan adalah angket validasi untuk kelayakan instrumen penilaian berbasis kearifan lokal, angket respon guru dan siswa, uji validitas butir soal, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran, dan uji daya beda butir soal. Subjek penelitian adalah 30 orang siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Kota Bengkulu dan 1 orang guru mata Pelajaran IPA. Data hasil analisis angket dengan menghitung persentasi pencapaian pada setiap komponen persentase pencapaian kalayakan terhadap instrumen penilaian berbasis kearifan lokal. instrumen penilaian berbasis kearifan lokal dinyatakan sangat layak digunakan dengan persentase hasil dari validasi ahli materi 90%, uji ahli bahasa 98% dan uji ahli instrumen penilaian 86%. Hasil dari angket respon guru sebesar 92%, angket respon siswa 89%. Uji validitas butir soal mendapatkan hasil dari 15 butir soal mendapatkan 10 butir soal yang dinyatakan valid. Hasil dari uji reliabilitas nilai koefisien reliabel r11 ≥ 0,95. Hasil dari uji tingkat kesukaran yaitu dari 15 butir soal terdapat 3 butir soal memiliki tingkat kesukaran soal kategori mudah. sedangkan 10 soal memiliki tingkat kesukaran soal kategori sedang. Sedangkan 2 soal memiliki tingkat kesukaran soal kategori sukar. Hasil dari uji daya beda yaitu dari 15 butir soal terdapat 4 butir soal kategori cukup, 10 butir soal dengan katagori baik, 1 butir soal dengan katagori sangat baik. Dari hasil data tersebut disimpulkan bahwa instrumen penilaian berbasis kearifan lokal pada materi gelombang dan bunyi sangat layak untuk digunakan sebagai pedoman guru untuk evaluasi siswa kelas VIII.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Instrumen Penilaian, Kearifan Lokal, Gelombang dan Bunyi.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: yuli astria ria
Date Deposited: 29 Jun 2022 03:31
Last Modified: 29 Jun 2022 03:31
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/9053

Actions (login required)

View Item View Item