PERAN GURU PAUD DALAM PENANAMAN MORAL ANAK USIA DINI DI KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK LESTARI DESA SRIKATON KEC. PONDOK KELAPA KAB. BENGKULU TENGAH

Arminarti, Yulia (2022) PERAN GURU PAUD DALAM PENANAMAN MORAL ANAK USIA DINI DI KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK LESTARI DESA SRIKATON KEC. PONDOK KELAPA KAB. BENGKULU TENGAH. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

[img] Text (Skripsi)
YULIA ARMIATI.pdf

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru PAUD dalam penanaman moral anak usia dini di kelompok B taman kanak-kanak Lestari Desa Srikaton Kec. Pondok Kelapa Kab. Bengkulu Tengah dan Kendala yang dihadapi guru dalam melakukan perannya dalam menanamkan moral pada anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumntasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Peran guru PAUD dalam penanaman moral anak usia dini di kelompok B Taman Kanak-Kanak Lestari Desa Srikaton Kec. Pondok Kelapa Kab. Bengkulu Tengah yaitu: pertama, peran sebagai pembimbing yang dilakukan dengan cara mengarahkan melalui metode bercakap-cakap kepada anak-anak secara langsung dengan bahasa dan tutur kata yang lemah lembut. Kedua, berperan sebagai pelatih, guru melakukan perannya dengan cara menanamkan norma melalui pembiasaan-pembiasan dan/atau pelatihan terus-menerus. Ketiga, guru berperan sebagai motivator dilakukan dengan cara memberi motivasi atau mendorong anak menggunakan pemberian pujian dan rangsangan dengan berbagai kegiatan yang disukai anak. Keempat, peran guru sebagai inspirator, dalam penanaman moral guru mengaplikasikannya melalui pemberian contoh�contoh menggunakan media berupa gambar atau cerita bergambar bahkan terkadang guru itu sendiri yang menjadi modelnya/contohnya bagi anak didiknya. Kelima, peran guru sebagai evaluator artinya guru berperan sebagai penilai/evaluasi yang dilakukan dengan cara menilai norma yang ditampilkan anak menggunakan format penilaian ceklist dan catatan anekdot disertai juga dengan beberapa kriteria-kriteria tertentu yang sesuai dengan standar penilaian bagi anak usia dini. 2) Kendala yang dihadapi guru dalam melakukan perannya dalam menanamkan moral pada anak usia dini, berasal dari faktor intern yaitu karakter anak yang berbeda-beda seperti ada yang terlalu pendiam dan ada juga yang terlalu aktif, dan dari faktor ekstern anak adalah dari lingkungan keluarga yakni dari pola asuh, kemudian faktor dari masyarakat disekitar tempat anak bergaul dan bersosialisasi setiap harinya yang kurang baik dan kurang mendukung akan apa yang diupayakan guru untuk menanamkan moral kepada anak didik. Kata Kunci : Peran Guru, Penanaman Moral, Anak Usia Dini

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Peran Guru, Penanaman Moral, Anak Usia Dini
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 29 Jun 2022 03:36
Last Modified: 29 Jun 2022 03:36
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/9077

Actions (login required)

View Item View Item