PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS TEKS CERITA FABEL BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DI KELAS VII MTs PANCASILA

Hosni,, Popi (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS TEKS CERITA FABEL BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DI KELAS VII MTs PANCASILA. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
POPI HOSNI.pdf

Download (12MB)

Abstract

Pengembangan bahan ajar menulis teks cerita fabel ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan kebutuhan pengembangan bahan ajar, 2) mengembangkan bahan ajar, 3) mendiskripsikan hasil uji validasi, 4) mendeskripsikan hasil perbaikan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R&D). Hasil penelitian ini mengemukakan beberapa hal yakni: 1) hasil analisis kebutuhan guru dan siswa terhadap bahan ajar menulis teks cerita fabel meliputi empat aspek yaitu: (a) aspek materi atau isi mencapai hasil nilai rata-rata 95%, (b) aspek penyajian buku memperoleh nilai rata-rata 87,5%, sedangkan aspek kebahasaan mencapai nilai rata-rata 98,3%, dan aspek kegrafikan mendapatkan nilai rat-rata 93,3%. 2) hasil uji validasi prototipe bahan ajar menulis teks cerita fabel meliputi tiga aspek yaitu: (a) aspek materi mencapai nilai rata-rata 4,00 sangat valid, (b) aspek media mencapai nilai rata-rata 3,91 sangat valid, (c) aspek kebahasaan memperoleh nilai rata-rata 3,28 valid. 3) hasil perbaikan terhadap protipe bahan ajar dengan menapilkan gambar produk yang sesudah dan sebelum perbaikan bahan ajar. Berdasarkan hasil penelitian diatas ada beberapa saran yaitu: 1) guru bahasa indonesia hendaknya menggunakan bahan ajar menulis teks cerita fabel berbasis contextual teaching and learning. 2) siswa diharapkan dapat menumbuhkan nilai-nilai moral dan dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari, 3) peneliti lain dapat mengembangkan bahan ajar lagi supaya mampu menghasilkan produk yang lebih sempurna dan melengkapi kekurangan bahan ajar dari peneliti ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, bahan ajar, menulis, teks cerita fabel, contextual teaching and learning.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: yuli astria ria
Date Deposited: 29 Jun 2022 03:37
Last Modified: 29 Jun 2022 03:37
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/9081

Actions (login required)

View Item View Item