PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI MENULIS TEKS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS VIII A SMPN 14 SELUMA

Kostandi,, Boby (2022) PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI MENULIS TEKS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS VIII A SMPN 14 SELUMA. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
BOBY KOSTANDI.pdf

Download (2MB)

Abstract

permasalahan yang dibahas dalam skripsi ini adalah: Bagaimana langkah-langkah penerapan pendekatan saintifik dan Apakah faktor pendukung dan penghambat pendekatan saintifik dalam pembelajran bahasa Indoneisa materi menulis teks deskripsi pada siswa kelas VIII A SMPN 14 Seluma. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanalangkah-langkah penerapan pendekatan saintifik dan mengetahui apa faktor pendukung dan penghambat pendekatan saintifik dalam pembelajran bahasa Indoneisa materi menulis teks deskripsi pada siswa kelas VIII A SMPN 14 Seluma, adapun pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Dalam penelitian ini yang menjadi informan penelitian adalah Kepala sekolah, guru bahasa indonesia dan siswa. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah Berdasarkan hasil penelitian di lapangan, baik melalui wawancara, pengamatan, dan dokumentasi adapun penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajran bahasa Indoneisa materi menulis teksdeskripsi pada siswa kelas VIII A SMPN 14 Seluma. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh penelti di SMPN 14 Seluma dapat disimpilkan bahwa Langkah-langkah penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajran bahasa Indoneisa materi menulis teksdeskripsi pada siswa kelas VIII A SMPN 14 Seluma yaitu Mengamati (observing), menanya (questioning), mencoba (experimenting), menalar (associating), mengkomunikasikan (communicating). Lima proses pembelajaran tersebut diimplementasikan ketika memasuki kegiatan inti pembelajaran sedangakan Faktor pendukung dan penghambat pendekatan saintifik dalam pembelajran bahasa Indoneisa materi menulis teks deskripsi pada siswa kelas VIII A SMPN 14 Seluma, untuk faktor pendukung antara lain guru sesuai kualifikasi pada bidang nya, sarana prasarana memadai, lingkungan pembelajaran yang nyaman. Sedangkan faktor penhambatnya adalah guru kurang budaya membangun kreatifitas, Guru kurang memanfaatkan ICT, pembelajaran masih menggunakan pola teks book, Kurangnya kemauan siswa untuk mengekplorasi materi secara mandiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Pendekatan Saintifik, Pembelajaran Bahasa Indonesia.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: yuli astria ria
Date Deposited: 29 Jun 2022 03:39
Last Modified: 29 Jun 2022 03:39
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/9108

Actions (login required)

View Item View Item