تأثير توفر المرافق والبنية التحتية على نتائج تعلم اللغة العربية لدى التالميذ بالمدرسة الثانوية دار السالم كيباهيانج

Loriansyah, Jimy Pratama Okta (2022) تأثير توفر المرافق والبنية التحتية على نتائج تعلم اللغة العربية لدى التالميذ بالمدرسة الثانوية دار السالم كيباهيانج. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
JIMY PRAMATA OKTA LORIANSYA.pdf

Download (6MB)

Abstract

hasil belajar adalah suatu hasil yang telah dicapai setelah mengalami proses belajar atau mengalami interaksi dengan lingkungannya guna untuk memperole ilmu pengetahuan yang akan menimbulkan tingkah laku (kognitif, efektif dan psikomotorik) sesuai dengan tujuan pembelajaran. ada beberapa faktor: ruang kelas, lapangan sekolah, gedung sekolah, ruang pendukung dan kinerja pengajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ketersediaan sarana dan prasarana mempengaruhi hasil belajar bahasa Arab di kelas tujuh MTS Darussalam Kepahiang. Penelitian ini bersifat kuantitatif. Peneliti menggunakan penelitian kuantitatif untuk melihat apakah variabel independen mempengaruhi variabel populasi 186 murid di kelas tujuh A-G dari Darussalam Kepahiang sekolah menengah. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi,angket dan dokumentasi. Dari hasil analisis sampel data 47 murid menunjukkan bahwa 36 responden 76,6% memiliki sarana dan prasarana pada siswa kelas menengah dan 35 responden 74,5% memiliki hasil belajar di antara murid di kelompok menengah 8 responden 17,0% memiliki hasil belajar pada siswa tingkat tinggi. Ketersediaan sarana dan prasarana berdampak pada hasil pembelajaran bahasa Arab dengan menunjukkan bahwa nilai pentingnya tes regresi linier sederhana adalah 0,00 lebih kecil dari 0,05 dan perhitungan-t (5.630) lebih besar dari tabel-T (2.013)

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Dampak dari ketersediaan sarana dan prasarana, hasil belajar bahasa Arab.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Arab
Depositing User: S.IP Furqon Adli
Date Deposited: 13 Jul 2022 07:55
Last Modified: 13 Jul 2022 07:55
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/9217

Actions (login required)

View Item View Item