PERSEPSI GURU DAN SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MI AL-BA’ANI KOTA BENGKULU PADA MASA PANDEMI COVID-19

Ramda, Trie Mulya Nur (2021) PERSEPSI GURU DAN SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MI AL-BA’ANI KOTA BENGKULU PADA MASA PANDEMI COVID-19. Diploma thesis, universitas islam negeri bengkulu.

[img] Text (skripsi)
SKRIPSI TRIE MULYA NUR RAMDA.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Trie Mulya Nur Ramda, NIM 1711240085, Judul : Persepsi Guru dan Siswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di MI Al�Ba’ani Kota Bengkulu Pada Masa Pandemi Covid-19, Skripsi : Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas : Tarbiyah dan Tadris, IAIN Bengkulu. Pembimbing : 1. Dr. Hj. Asiyah, M.Pd. 2. Ixsir Eliya, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi guru dan siswa terhadap proses pembelajaran daring pada mata pelajaran bahasa Indonesia di MI Al-Ba’ani Kota Bengkulu pada Masa Pandemi covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data primer yang menjadi subjek penelitian ialah guru dan siswa, serta sumber data sekunder diperoleh dari internet ataupun buku-buku. Teknik dalam pengumpulan data ini dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa persepsi guru dan siswa dalam pelaksanaan pembelajaran daring pada mata pelajaran bahasa Indonesia saat pandemi covid-19 kurang memuaskan, kurang efektif dam kurang efisien baik dari pihak guru, sekolah maupun siswa itu sendiri. Hal tersebut disebabkan karena pihak sekolah maupun guru mengikuti anjuran pemerintah dengan menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh atau pembelajaran daring. Di tengah situasi pandemi covid-19 saat ini, kita diwajibkan untuk mengikuti anjuran sosial distancing yang dapat membuat semua kegiatan pembelajaran yang berawal dilaksanakan secara tatap muka, maka harus dialihkan menjadi kegiatan pembelajaran daring. Dalam proses pembelajaran daring ini merupakan situasi yang baru di kalangan pihak sekolah dan guru SD/MI serta guru juga harus mengetahui bagaimana respon dari siswa terhadap pembelajaran daring, apakah siswa menyukai pembelajaran daring atau mereka lebih menyukai proses pembelajaran yang dilaksanakan secara tatap muka. Kata kunci : Persepsi, Pembelajaran Daring, Covid-19

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Persepsi, Pembelajaran Daring, Covid-19
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 21 Jul 2022 07:48
Last Modified: 21 Jul 2022 07:48
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/9317

Actions (login required)

View Item View Item