STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI DAN KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP SERUNTING KOTA BENGKULU

Nanda, Penti Fiska (2022) STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI DAN KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP SERUNTING KOTA BENGKULU. Diploma thesis, universitas islam negeri bengkulu.

[img] Text (skripsi)
TESIS PENTI FISKA NANDA.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI DAN KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP SERUNTING KOTA BENGKULU Penti Fiska Nanda NIM. 1911540006 Permasalahan yang sangat menonjol yaitu bagaimana strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi dan kinerja guru pendidikan agama Islam di SMP Serunting Kota Bengkulu. Tujuan penelitian ini adalah supervisi akademik oleh kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru Pendidikan Agama Islam di SMP Serunting Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, karena data-data yang diperoleh di lapangan adalah berupa uraian kata-kata serta ungkapan secara deskripsi dari hasil wawancara responden dan observasi. Hasil penelitian ini adalah Pertama, upaya peningkatan kompetensi guru pada proses pembelajaran terdiri dari: 1) supervisi akademik pada perencanaan pembelajaran terdiri dari pembimbingan dalam merumuskan tujuan pembelajaran. 2) supervisi akademik pada pelaksanaan pembelajaran, 3) supervisi akademik pada evaluasi pembelajaran. Kedua, kinerja guru Pendidikan Agama Islam, yang terdiri dari: 1) perencanaan pembelajaran, yaitu: guru Pendidikan Agama Islam mempersiapkan rencana program pembelajaran. 2) pelaksanaan pembelajaran: dapat menyampaikannya dengan baik tanpa ada kesulitan dari segi materi, sehingga materi yang disampaikan dapat berlangsung dengan lancar. 3) evaluasi pembelajaran, yakni guru mengembangkan jenis penilaian terhadap hasil belajar siswa, sehingga dapat mewujudkan penilaian secara optimal. Ketiga, Faktor�faktor pendukung dan penghambat dalam upaya peningkatan kompetensi dan kinerja guru: 1) Keberhasilan pelaksanaan supervisi kepala sekolah dipengaruhi oleh beberapa faktor pendukungnya, yakni guru yang menjadi sasaran supervisi kepala sekolah bersikap koperatif dan terbuka terhadap proses supervisi. 2) faktor penghambat pelaksanaan supervisi kepala sekolah dalam upaya peningkatan kinerja guru Pendidikan Agama Islam, adanya permasalahan yang muncul pada pembelajaran Pendidikan agama Islam adalah sempitnya alokasi waktu untuk pelaksanaan pembelajaran PAI Selain itu, sulitnya merubah aplikasi penyelenggaraan pendidikan secana monoton dan rutinitas menjadi pola pembelajaran inovatif. Kata Kunci: Strategi, Kompetensi Guru, Kinerja Guru, Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Strategi, Kompetensi Guru, Kinerja Guru, Pendidikan Agama Islam
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 21 Jul 2022 08:26
Last Modified: 21 Jul 2022 08:26
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/9320

Actions (login required)

View Item View Item