PENGARUH MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN KEMAMPUAN MATEMATIS MAHASISWA TADRIS MATEMATIKA UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU

Sari, Abelia Erja (2022) PENGARUH MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN KEMAMPUAN MATEMATIS MAHASISWA TADRIS MATEMATIKA UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
ABELIA ERJA SARI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh membaca Al-Qur’an dengan kemampuan matematis mahasiswa Tadris Matematika UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian field research (penelitian lapangan), yakni penelitian dimana peneliti turun langsung ke lokasi penelitian untuk memperoleh data yang konkrit yang ada hubungannya dengan judul penelitian dengan pendekatan penelitian kuantitatif dengan subjek sebanyak 23 mahasiswa Tadris Matematika semester V-A tahun ajaran 2021-2022. Teknik pengumpulan datanya menggunakan tes dan dokumentasi. Dilakukan dua kali ter yaitu tes membaca Al-Qur’an dan untuk tes kemampuan matematis mengerjakan soal mata kuliah geometri analitik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan membaca Al-Qur’an mahasiswa rata-rata pada kategori sedang dengan persentase sebesar 69,6%. (2) Kemampuan matematis mahasiswa berada pada kategori sedang dengan persentase sebesar 56,5%. (3) dari hasil analisis data diperoleh nilai t sebesar 2,090 dengan taraf signifikansi sebesar 0,049 < 0,05, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan membaca Al-Qur’an dengan kemampuan matematis mahasiswa tadris matematika UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Membaca Al-Qur‟an, Kemampuan Matematis
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Matematika
Depositing User: S.IP Furqon Adli
Date Deposited: 24 Aug 2022 03:53
Last Modified: 24 Aug 2022 03:53
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/9335

Actions (login required)

View Item View Item