NILAI-NILAI MULTIKULTURAL BERBASIS MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERMUATAN TOLERANSI (Studi Kasus di SMP Negeri 25 Kota Bengkulu)

Arum, Trini Wahyuni (2022) NILAI-NILAI MULTIKULTURAL BERBASIS MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERMUATAN TOLERANSI (Studi Kasus di SMP Negeri 25 Kota Bengkulu). Diploma thesis, UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU.

[img] Text
SKRIPSI ARUM TRINI WAHYUNI NIM. 1611210193.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mengaji tentang sinergitas orang tua dan guru dalam pembinaan anak tunagrahita dan metode pembinaan anak tunagrahita. Hal tersebut menjadi pokok masalah dalam penelitian ini. Selanjutnya, melalui penelitian ini dapat diuraikan mengenai metode pembinaan agama anak tunagrahita di SLB Negeri 4 Kota Bengkulu. Dengan demikian, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana Sinergitas Orang Tua Dan Guru Agama Dalam Pembinaan Agama Anak Tunagrahita Di SLB Negeri 4 Kota Bengkulu, efektivitas penerapan metode yang digunakan orang tua dan guru agama dalam pembinaan agama anak Tunagrahita Di SLB Negeri 4 Kota Bengkulu, dan faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pengalaman agama pada anak Tunagrahita di SLB Negeri 4 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi data dan menggunakan tringulasi sumber. Teknik analisis data adalah Data reduction (reduksi data), Data display (penyajian data), Conclustion drawing/Verivication (penarikan kesimpulan). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sinergitas orang tua dan guru agama dalam membina agama anak Tunagrahita yakni sudah cukup baik. Metode yang digunakan oleh orang tua dan guru agama yakni metode keteladanan, metode pembiasaan, dan metode pemberian ganjaran. Faktor pendukung yakni adanya fasilitas yang memadai, pengalaman keagamaan anak yang sudah baik, tingkat pengetahuan anak mengenai pengalaman agama baik dari sekolah, orang tua yang cukup baik, dukungan dari pihak sekolah kepada guru dalam meningkatkan kualitas guru melalui pelatihan, faktor penghambat dalam pelaksanaan pengalaman agama di SLB Negeri 4 Kota Bengkulu yaitu faktor psikologis anak yang tidak setabil, pengaruh dari teman yang sedang tidak melaksanakan sholat, dan pengaruh Hp.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Orang Tua, Guru Agama, Anak Tunagrahita
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H John Hendri
Date Deposited: 25 Jul 2022 03:30
Last Modified: 25 Jul 2022 03:30
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/9338

Actions (login required)

View Item View Item