PERSEPSI GURU TENTANG MUTU PENDIDIKAN DENGAN DIHAPUSNYA UJIAN NASIONAL TINGKAT SEKOLAH DASAR DI SD NEGERI 09 KEPAHIANG

Haryani, Tri (2022) PERSEPSI GURU TENTANG MUTU PENDIDIKAN DENGAN DIHAPUSNYA UJIAN NASIONAL TINGKAT SEKOLAH DASAR DI SD NEGERI 09 KEPAHIANG. Diploma thesis, universitas islam negeri fatmawati sukarno bengkulu.

[img] Text (skripsi)
cd Mirnawati SKRIPSI.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Nama: Tri Haryani NIM : 1811240008 Judul: Persepsi Guru Tentang Mutu Pendidikan Dengan Di Hapusnya Ujian Nasional Tingkat Sekolah Dasar Di SD Negeri 09 Kepahiang Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana gambaran persepsi guru tentang mutu pendidikan dengan dihapusnya ujian nasional di SD Negeri 09 Kepahiang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode pendekatan deskripstif kualitatif yang dilakukan untuk menjelaskan dan menganalisis sebuah fenomena maupun sebuah persepsi seseorang atau suatu kelompok. Adapun narasumber dari penelitian ini yaitu Guru Kelas VI Yaitu guru Kelas VI A dan VI B, Hasil dari penelitian ini yaitu: Persepsi Guru di SDN 09 Kepahiang tentang mutu pendidikan dengan dihapusnya ujian nasional sesuai dari keterangan bahwa guru-guru di SDN 09 Kepahiang Menyetujui atas kebijakan yang dibuat oleh menteri pendidikan yaitu Nadiem Karim. Ujian Nasional adalah suatu titik alat ukur pencapaian hasil belajar peserta didik melalui pemberian tes pada siswa sekolah lanjutan tingkat pertama dan sekolah lanjutan tingkat atas. Ujian nasional memang masih dibutuhkan sebagai pemetaan kualitas anak. Hanya saja jangan sampai digunakan sebagai parameter kelulusan siswa selama belajar. jika ujian nasional ditiadakan adanya konsep matang dari pemerintah pusat yang dapat segera digunakan sebagai standar penilaian baru, diharapkan konsep tersebut mencakup aspek afektif, kognitif dan psikomotorik yang lumrah yang digunakan pada penilaian sekolah. Konsep yang tentunya membutuhkan konstrubusi dari pihak sekolah itu dinilai menjadi penilaian yang berimbang, mengingat guru perlu dilibatkan dalam sistem penilaian. Selain itu, diharapkan pula, standarisasi x yang baru dapat menjadi alat ukur terhadap kekurangan dan kelebihan siswa atau sistem pendidikan untuk mendapatkan perhatian lebih lanjut. Kata Kunci : Mutu Pendidikan, Penghapusan Ujian Nasional

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Mutu Pendidikan, Penghapusan Ujian Nasional
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 27 Jul 2022 05:05
Last Modified: 27 Jul 2022 05:05
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/9351

Actions (login required)

View Item View Item