STRATEGI GURU DALAM PROGRAM PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR’AN SISWA DI SD IT AL-QISWAH KOTA BENGKULU

Bunga, Anggraini Ismanda (2022) STRATEGI GURU DALAM PROGRAM PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR’AN SISWA DI SD IT AL-QISWAH KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU.

[img] Text
BUNGA ANGGRAINI ISMANDA BENAR.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru dalam program pembelajaran tahfidz al-qur‟an siswa, untuk mengetahui kendala beserta solusi untuk mengatasi kendala guru dalam program pembelajaran tahfidz al-qur‟an siswa, serta faktor pendukung guru dalam program pembelajaran tahfidz al-qur‟an siswa di SD IT Al-Qiswah Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah 3 orang guru tahfidz, beberapa orang siswa dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data yang relevan digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk teknik keabsahan data penelitiannya dilakukan dengan cara triangulasi sumber. Sedangkan teknik analisis data yaitu dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) strategi yang digunakan guru dalam program pembelajaran tahfidz alqur‟an dengan melaksanakan pembelajaran berdasarkan tujuan pembelajaran, memperbanyak aktivitas muroja‟ah, memperhatian setiap perkembangan siswa dalam menghafal maupun kedisiplinan dan sopan santun, menciptakan suasana belajar yang interaktif, menyenangkan dengan mengadakan sambung ayat atau kuis sehingga siswa dapat mencapai target hafalan, maka guru juga harus selalu memberikan motivasi kepada siswa dengan menciptakan rasa nyaman dalam pembelajaran tahfidz dan mentalaqqi ayat yang akan di hafal siswa. (2) kendala yang dihadapi guru dalam program pembelajaran tahfidz al-qur‟anberupa kemampuan fokus siswa dan daya ingat siswa dalam menghafal yang berbeda-beda. Jadi solusinya dengan menggunakan pembelajaran yang bervariasi serta memperbanyak muroja‟ah dan memberikan waktu khusus bagi siswa yang mengalami kesulitan menghafal. (3) faktor pendukung strategi guru dalam program pembelajaran tahfidz al-qur‟an ada kegiatan sekolah, motivasi dan kesadaran diri, manajemen waktu dan lingkungan

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Tahfidz, Al-Qur’an
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H John Hendri
Date Deposited: 28 Jul 2022 04:37
Last Modified: 28 Jul 2022 04:37
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/9357

Actions (login required)

View Item View Item