PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD NEGERI 16 KOTA BENGKULU

Sari, Wulan (2022) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD NEGERI 16 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, universitas islam negeri fatmawati sukarno bengkulu.

[img] Text (skripsi)
SKRIPSI WULAN PURNAMA SARI BENAR.pdf

Download (4MB)

Abstract

Wulan Purnama Sari, Mei 2022, Judul: Problematika Pembelajaran Tematik Di SD Negeri 16 Kota Bengkulu, Skripsi: Program Studi Tarbiyah, Fakultas Tarbiyah dan Tadris, UIN Bengkulu. Pembimbing:1. Rohimin, 2. Rossi Delta Fitrianah Kata Kunci: Problematika, Pembelajaran, Tematik Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1)problematika pembelajaran tematik kelas IV di SD Negeri 16 Kota Bengkulu, 2) faktor-faktor yang mempengaruhi problematika pembelajaran tematik kelas IV di SD Negeri 16 Kota Bengkulu, 3) solusi pelaksanaan pembelajaran tematik kelas IV di SD Negeri 16 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. informan pada penelitian ini adalah 4 guru dan 5 orang siswa masing-masing perwakilan kelas IV SD Negeri 16 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan konsep Miles dan Huberman, proses analisis data dilakukan secara interaktif dan berlangsung terus menerus sampai tuntas sehingga datanya sudah jenuh. Hasil penelitian menunjukkan problematika pembelajaran tematik di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 16 Kota Bengkulu, diantaranya dalam proses pembelajaran masih ada siswa yang lambat memahami materi IPA dikarenakan kurangnya minat belajar, guru kurang maksimal dalam hal pengelolaan kelas, metode dan strategi yang digunakan guru dalam pembelajaran kurang bervariatif, media yang digunakan guru kurang menarik sehinggta kurang menarik perhatian siswa dalam mengikuti pembelajaran, sarana yang kurang memadai sehingga menghambat proses pembelajaran. Faktor yang mempengaruhi problematika pembelajaran tematik pada kelas IV Sd x Negeri 16 Kota Bengkulu adalah kompetensi guru. Solusi yang telah dilakukan oleh Kepala Sekolah dan para guru pembelajaran tematik yaitu berdiskusi dengan teman sejawat, mengikuti kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) yang diadakan satu bulan sekali , ikut serta dalam kegiatan Peningkatan Mutu Guru (PKG) yang diadakan enam bulan sekali serta mendatangkan instruktur dari luar yang ahli dalam bidang pembelajaran tematik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Problematika, Pembelajaran, Tematik
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 28 Jul 2022 04:39
Last Modified: 28 Jul 2022 04:39
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/9358

Actions (login required)

View Item View Item