Kreativitas Guru Kelas dalam Meningkatkan Minat Belajar Membaca Siswa Kelas III di SD Negeri 53 Bengkulu Selatan

Ilusti, 6 (2022) Kreativitas Guru Kelas dalam Meningkatkan Minat Belajar Membaca Siswa Kelas III di SD Negeri 53 Bengkulu Selatan. Diploma thesis, universitas islam negeri fatmawati sukarno bengkulu.

[img] Text (skripsi)
SKRIPSI ILUSTI BENAR.pdf

Download (5MB)

Abstract

Nama : Ilusti NIM : 1811240155 Prodi : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Judul : Kreativitas Guru Kelas dalam Meningkatkan Minat Belajar Membaca Siswa Kelas III di SD Negeri 53 Bengkulu Selatan ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kreativitas guru kelas dalam meningkatkan minat belajar membaca siswa kelas III di SD Negeri 53 Bengkulu Selatan, dan untuk mengetahui factor pendukung dan penghambat kreativitas guru kelas dalam meningkatkan minat belajar membaca siswa kelas III di SD Negeri 53 Bengkulu Selatan. Jenis Penelitian ini adalah field research yaitu penelitian yang dilakukan secara lasung di lapangan, dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data dalam penelitian ini yaitu perpanjang keikutsertaan dan triangulasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Kreativitas guru kelas dalam meningkatkan minat belajar membaca siswa kelas III. a) Menyusun program pengajaran untuk meningkatkan minat belajar membaca siswa seperti silabus dan RPP, b) Memberikan buku yang menarik, c) memberikan motivasi, dorongan/arahan untuk membaca, d) mengunjungi perpustakaan, e) mengembangkan strategi pembelajaran seperti memperkenalkan buku-buku kepada siswa; buku LKS, buku paket, buku komik, buku cerita dongeng dan lain-lainnya, f) menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna seperti menyapa siswa dengan ramah dan penuh semangat, melakukan apresiasi, dan bernyanyi bersama untuk membangun suasana gembira di ruang kelas, g) memanfaatkan xii media pembelajaran dengan baik pada mata pelajaran tertentu seperti media visual dan audio-visual; media gambar, dan media berupa video, serta mengembangkan bahan ajar yang variatif seperti video disertai gambar dan tulisan yang menarik, g) menghasilkan inovasi-inovasi baru dengan mengadakan bimbingan dan penyuluhan. 2) Faktor-faktor yang menghambat kreativitas guru kelas dalam meningkatkan minat belajar membaca siswa kelas III diantaranya kurangnya sumber belajar di sekolah dan kurangnya media belajar yang dapat digunakan, serta masih kurangnya kesadaran siswa akan pentingnya membaca buku.. Sedangkan faktor-faktor yang mendukung diantaranya kegemaran guru untuk membaca buku-buku metode dan strategi pembelajaran, serta keaktifan guru mengikuti dalam forum KKG untuk mengikuti pelatihan tentang kreativitas guru

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Kreativitas, Guru Kelas III, Minat Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 28 Jul 2022 07:45
Last Modified: 28 Jul 2022 07:45
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/9359

Actions (login required)

View Item View Item