KENDALA GURU DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMPN 06 KOTA BENGKULU

Mardiana, Dena (2022) KENDALA GURU DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMPN 06 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

[img] Text (Skripsi)
SKRIPSI DENA MARDIANA.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Dena Mardiana, 2022, NIM. 1711270035. Kendala Guru dalam Pembelajaran IPS pada Masa Pandemi Covid-19 di SMPN 06 Kota Bengkulu. Program studi IPS, Fakultas Tarbiyah dan Tadris, Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno (UINFAS) Bengkulu Sistem pembelajaran online ini banyak mengundang keresahan dan banyak menimbulkan masalah baru salah satunya siswa tidak dapat menerima materi dengan baik selama pembelajaran jarak jauh. Maka dari itu SMPN 06 Kota Bengkulu memulai untuk menarapkan sistem belajar tatap muka tetapi dengan waktu belajar yang lebih singkat dari biasanya. Adapun jenis penelitian ini kualitatif yang digunakan adalah teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model miles dan huberman yang terdiri dari: reduksi data. Penyajian data dan kesimpulan berdasarkan hasil penelitian yang peneliti lakukan maka dipastikan ada beberapa kendala yang dihadapi oleh guru selama pembelajaran online. Maka ditarik kesimpulan berdasarkan hasil penelitian yang peneliti lakukan bahwa siswa yang kurang mampu memahami isi materi yang telah dipaparkan lewat media online oleh guru, jaringan internet yang terkadang terganggu, kurangnya penggunaan media pembelajaran secara online sehingga beberapa materi pelajaran yang membutuhkan alat dan/atau media pembelajaran tertentu tidak dapat tersampaikan oleh guru secara maksimal. Untuk menyelesaikan masalah tersebut, pihak sekolah sudah berusaha mengatasi problematika tersebut seperti mengadakan pelatihan kepada para guru terkait penggunaan media pembelajaran secara online seperti penggunaan google classroom, google formulir, membuat video pembelajaran menggunakan Camtasia. Selain itu, sarana dan prasarana pendukung yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran seperti penguatan jaringan internet sudah dibangun, sehingga proses pembelajaran jarak jauh (online ) dapat terlaksana dengan maksimal. Kata Kunci : Kendala Guru, Pembelajaran IPS, Covid-19

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Kendala Guru, Pembelajaran IPS, Covid-19
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 01 Aug 2022 07:30
Last Modified: 01 Aug 2022 07:30
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/9374

Actions (login required)

View Item View Item