UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DENGAN MENGGUNAKAN METODE THE LEARNING CELL DI MA TARBIYAH ISLAMIYAH KERKAP

Malasary, Helnela (2020) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DENGAN MENGGUNAKAN METODE THE LEARNING CELL DI MA TARBIYAH ISLAMIYAH KERKAP. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI HELNELA MALASARY.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah metode pembelajaran yang digunakan guru belum bervariasi hanya menggunakan metode konvensional. Guru menempatkan anak didik sebagai objek pembelajaran dan guru sebagai subyeknya, Bentuk pembelajaran masih berpusat pada guru membawa dampak pada kejenuhan siswa dan masih banyak hasil belajar siswa yang tidak tuntas pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penempatan metode pembelajaran The Learning Cell dalam meningkatkan hasil belajar dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MA Tarbiyah Islamiyah Kerkap. Metode penelitian ini adalah Penelitian tindakan kelas, yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas X MA Tarbiyah Islamiyah Kerkap. Teknik Pengumpulan Data: Tes, Observasi dan Dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan Upaya meningkatkan hasil belajar siswa Kelas dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam menggunakan metode the learning cell kelas X MA Tarbiyah Islamiyah Kerkap. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan rata-rata persentase hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Hasil belajar siswa menunjukkan bahwa pada pra tindakan rata-rata persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 15%, siklus I meningkat menjadi 65% dan siklus II meningkat menjadi 90%. Dengan adanya peningkatan rata-rata persentase ketuntasan belajar klasikal dan telah mencapai kriteria keberhasilan tindakan sehingga dapat dikatakan bahwa menggunakan metode the learning cell pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X MA Tarbiyah Islamiyah Kerkap.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Meningkatkan, Hasil Belajar, Metode The Learning Cell
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Arlan Arlan fairuz
Date Deposited: 05 Aug 2022 08:06
Last Modified: 05 Aug 2022 08:06
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/9384

Actions (login required)

View Item View Item