Handayani, Fitri (2022) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DI ERA NEW NORMAL SISWA KELAS IV SD NEGERI 105 SELUMA. Diploma thesis, universitas islam negeri bengkulu.
Text (Skripsi)
Fitri Handayani.pdf Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK Fitri Handayani NIM.1711240149. Judul Skripsi“Pengaruh kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika di Era New Normal siswa kelas IV SD Negeri 105 Seluma”. Skripsi: Program Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, FakultasTarbiyah dan Tadris IAIN Bengkulu, Pembimbing: 1. Dr. Ahmad Suradi, M.Ag. Pembimbing II. Fatrima Santri Syafri, M.Pd.Mat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat atau tidak pengaruh yang signitikan kemandirian siswa terhadap prestasi belajar matematika di era New Normal siswa kelas IV SD Negeri 105 Seluma. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif, kuantitatif adalah metode untuk menguji teori�teori tertentu dengan cara meneliti hubungan antarvariabel. Penelitian kuantitaif adalah suatu proses menemukan pengetahuan yang menggunakan data berupa angka sebagai alat menemukan keterangan mengenai apa yang ingin kita ketahui. Dengan jenis pendekatan yang di gunakan adalah pendekatan survey. Pendekatan survey adalah penelitian yang dilakukan melalui pengamatan langsung terhadap suatu gejala atau perkumpulan informasi dari populasi besar maupun kecil, tetapi data yang dipelajari adalah data dari sampel sebagai mewakili data populasi tersebut. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 105 Seluma yang berjumlah 20 siswa. Sedangan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 105 Seluma yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan koensioner (Angket) dan dokumentasi. Angket digunakan untuk mengungkap pengaruh variabel kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa dan dokumentasi menggungkapkan hasil penelitian bahwa antara variabel kemandirian terhadap prestasi belajar siswa berpengaruh positif secara signifikan. Angket dan dokumentasi digunakan untuk melakukan pengamatan dan mendata jumlah siswa SD Negeri 105 Seluma. Hasil penelitian yang diperoleh adalah terdapat pengaruh yang signifikan kemandirian siswa terhadap prestasi belajar matematika di era New Normal IV SD Negeri 105 Seluma. Kata Kunci :Kemandirian Belajar dan Prestasi Belajar
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci :Kemandirian Belajar dan Prestasi Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ms yuliana saputri |
Date Deposited: | 05 Aug 2022 08:07 |
Last Modified: | 05 Aug 2022 08:07 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/9387 |
Actions (login required)
View Item |